Thursday, August 26, 2010

Penyebab & Pengobatan Sariawan


Sariawan merupakan salah satu jenis stomatistis ( radang di rongga mulut ). Sariawan disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Selain sariawan, jamur ini juga merupakan penyebab keputihan dan ruam popok.

Pada keadaan normal, Candida albicans berkompetensi dengan bakteri agar tetap hidup. Tetapi apabila kita kurang mengkonsumsi vitamin C, kurang menjaga kesehatan mulut atau tengah mendapatkan pengobatan dengan antibiotik yang sangat kuat, maka perkembangan jamur Candida menjadi berlebihan sehingga terjadilah sariawan.

Penyebab stomatitis yang lain selain jamur Candida albicans adalah bakteri, virus, kekurangan Vitamin B6, tergigit, gigi palsu yang kurang terpasang dengan baik, tergores sikat gigi dan lain-lain.

Tips Mencegah dan Mempercepat Penyembuhan Sariawan :
> Gosok gigi setiap kali sehabis makan. Bila perlu berkumur dengan obat kumur dan lakukan dental flossing.
> Konsumsi vitamin C dan B kompleks setiap hari.
> Jika mendapat obat antibiotik, tanyakan kepada apoteker apakah antibiotik tersebut dapat menyebabkan sariawan. Jika ya, sediakan obat sariawan di rumah anda.
> Jika anda menderita asma dan menggunakan obat inhalasi steroid, berkumurlah setiap kali selesai menghirup obat.
> Jika anda penderita diabetes, jaga kadar gula darah anda dengan minum obat secara teratur. Karena kadar gula yang tinggi di air ludah merupakan makanan yang baik untuk Candida albicans.
> Jika anda menggunakan gigi palsu, pastikan dengan dokter gigi anda bahwa ukuran gigi palsu sudah tepat. Jangan lupa untuk membersihkannya setiap malam.
> Obati dengan obat sariwan yang mengandung anti jamur ( dalam bentuk drops untuk bayi dan anak-anak dan dalam bentuk tablet untuk dewasa ). Atau dalam bentuk gel seperti Kenalog orabase atau obat tradisional China Hau Fung San yang berbentuk serbuk berwarna hijau.

0 komentar:

Post a Comment