Monday, August 23, 2010

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Memasuki bulan puasa berarti perut harus siap kosong selama hampir 13 jam. Hal ini bisa menjadi masalah buat mereka yang mengidap penyakit maag. Untuk mengatasinya mari ikuti tips berikut ini.

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag:
> Pada saat sahur dan berbuka hindari makanan atau minuman yang mudah mengiritasi atau merangsang lambung seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, berlemak tinggi atau sayuran bergas (sawi atau kol).
> Kurangi konsumsi kopi, soda dan teh kental.
> Makan dengan tenang. Jangan terburu-buru. Pastikan makanan tercerna di mulut dengan sempurna.
> Hindari asupan obat yang menimbulkan iritasi lambung seperti aspirin tanpa makan terlebih dahulu.
> Untuk penderita maag ringan sampai sedang konsumsi antasida ( Mylanta, Polysilane, Promag, Polycrol dll )sesaat sebelum imsak, setelah bedug maghrib berbunyi ( tidak menunggu setelah makan ) dan sesaat sebelum tidur. Atau bisa juga konsumsi produk yang aturannya cukup diminum sehari 2 kali seperti Promag Duoble Action dan Neosanmag Fast.
> Untuk penderita maag sedang sampai parah dapat mengkonsumsi Cimetidin, Ranitidin 2 kali sehari atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.
> Hindari stress dengan menyediakan waktu luang untuk rekreasi dan istirahat.
> Untuk yang tidak menderita sakit maag, lihat tipsnya disini.
 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

Nurul Isnaini said...

Bagaimana kalau dipertengahan puasa tiba" sakit maag? Seperti yang saya alami. Baru pertama ini saya sakit maag. Hari pertama sakit maag nyeri di ulu hati sampe sesak napas, hari ke-2 nyeri di perut tak tertahankan sampe keluar keringat dingin. Ini gimana solusinya agar tidak sakit disaat puasa, Namun tidak membatalkan puasa?

Post a Comment