Saturday, November 5, 2011

Seputar Alat Tes Kehamilan/ Test Pack


Alat tes kehamilan / test pack pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Meskipun mungkin belum pernah memakainya, kita sering mendengar tentang alat ini, baik melalui iklan di televisi, di majalah atau dari teman. Alat ini banyak dijumpai di toko, supermarket, atau apotik dengan harga yang variatif. Sebut saja beberapa merek yang akrab di telinga kita seperti Sensitif, Akurat, HCG Abbot dll.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan test kehamilan?
Bagaimana cara kerjanya?
Kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?
Ada berapa macam alat test kehamilan?
Bagaimana cara menggunakannya?
Mari kita bahas satu persatu.

Yang dimaksud dengan alat tes kehamilan adalah suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi kehamilan. Yang dideteksi adalah hormon Human Chorionic Gonadotropin ( HCG ) di urine. Hormon ini merupakan tanda telah terjadinya kehamilan karena dihasilkan oleh plasenta ( ari-ari ).

Waktu yang tepat untuk melakukan test dimulai dari hari ke 23 menstruasi ( dihitung dari hari pertama muncul darah mens ) atau hari ke 9 setelah melakukan hubungan seks pada masa subur. Jadi tidak perlu menunggu sampai mens bulan berikutnya datang terlambat. Test dilakukan sebaiknya pada pagi hari karena kadar hormon HCG di urine lebih tinggi.

Bentuk alat tes kehamilan/ test pack ada dua macam yaitu strip dan compact. Bentuk strip harus dicelupkan selama 30 detik ke urine yang telah ditampung. Bentuk compact ada 2 jenis yaitu bentuk compact dimana urine yang telah ditampung diteteskan ke tempat / kolom yang telah disediakan dan bentuk compact dimana urine langsung dialirkan ke alat test selama 10 detik.

Bila Anda sudah menyentuhkan alat tes kehamilan dengan urine, maka akan muncul hasil berupa garis merah. Apabila tidak ada garis merah yang muncul hal ini bisa diakibatkan oleh kelalaian pemakai, oleh karena itu penting bagi seseorang yang baru pertama kali menggunakan alat tes kehamilan untuk mengikuti petunjuk penggunaan. Tunggu 1-3 menit untuk membaca hasilnya,
- Positif / Hamil, ditandai dengan munculnya 2 strip / 2 garis merah pada alat test.
- Negatif / Tidak hamil, ditandai dengan hanya muncul 1 strip / 1 garis merah pada alat test.
Karena semua alat test kehamilan mengandung enzym yang peka terhadap lembab dan cahaya, maka hasil test tidak boleh dibaca setelah 8 menit.

Saat ini, produk-produk tes kehamilan yang tersedia di pasaran menawarkan berbagai tingkat kepekaan, dimulai dari kadar 20 mIU/ml. Alat tes kehamilan  yang baik adalah yang memiliki sedikit/kecil tingkat HCG/ml urinenya. Semakin kecil tingkat kepekaan (HCG/ml urine), tanda seseorang hamil dapat diketahui dengan lebih cepat dan lebih dini untuk segera di lanjutkan ke penanganan selanjutnya misalnya mengurangi aktivitas ekstrim untuk menjaga kehamilan.

 Tips Memilih dan Menggunakan Alat Tes Kehamilan/ Test Pack
- Cek tanggal kadaluarsa alat test sewaktu membeli.
- Pilih alat test yang kepekaannya tinggi, semakin kecil kadar HCG yang dibutuhkan maka keakuratannya semakin tinggi.
- Pilih alat test yang praktis misal disertai cawan penampung urine.
- Baca dengan teliti keterangan dan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kotak, terutama buat mereka yang baru pertama kali menggunakan alat test kehamilan.
- Sebaiknya jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, karena urine yang terlalu cair  bisa mempengaruhi hasil test pack.
- Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, karena pagi hari kadar HCG tertinggi terdapat pada urin.
- Setelah menyentuhkan urin ke test pack, tunggu selama 1-3 menit untuk membaca hasilnya. 
- Bila hasilnya positif segera kunjungi dokter kandungan untuk memastikan kehamilan karena perawatan yang benar sejak dini sangat penting buat calon bayi dan calon ibu.
- Bila hasilnya negatif coba lagi beberapa waktu kemudian (disarankan 3 minggu sampai 1 bulan).
- Bila ternyata hasilnya tetap negatif tetapi belum juga mens segera periksakan ke dokter kandungan.

Photobucket Photobucket

1 komentar:

suhandi uchu said...

bagaimana cara tes keperjakaan atau ada alatnya ka dok.??

Post a Comment