Saturday, September 17, 2011

Tips Memilih Vitamin Yang Tepat

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh.

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan memberikan manfaat kesehatan. Bila jumlah vitamin tidak mencukupi maka tubuh dapat mengalami suatu penyakit.

Sebenarnya tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh akan terganggu karena fungsi vitamin yang tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Gangguan kesehatan karena kekurangan vitamin disebut dengan istilah avitaminosis.Contoh avitaminosis : kekurangan vitamin A yang dapat menyebabkan mata menjadi rabun, kekurangan vitamin C yang menyebabkan gusi berdarah. Akan tetapi perlu diingat jumlah asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Berdasarkan kelarutannya di dalam air, vitamin dibagi dalam dua kelompok :
- Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B (B1,B2,B3,B5,B6,B9,B12) dan Vitamin C
- Vitamin yang larut dalam lemak : Vitamin A, D, E dan K.

Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan lemak dan di dalam hati. Vitamin ini kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan.  Sedangkan vitamin yang larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan segera hilang bersama aliran makanan. Apabila tidak dibutuhkan, vitamin ini akan segera dibuang tubuh bersama urin. Oleh karena hal inilah, tubuh membutuhkan asupan vitamin larut air secara terus-menerus.

Sumber vitamin dalam makanan :
- Vitamin A   : wortel, hati sapi, hati ayam, susu, telur
- Vitamin B1 : kentang, nasi, kacang hijau, telur
- Vitamin B2 : susu, daging, telur
- Vitamin B3 : daging, gandum, ikan
- Vitamin B5 : ikan, keju, ayam, telur
- Vitamin B6 : cereal, ikan, kentang, pisang
- Vitamin B9 : sayuran hijau
- Vitamin B12: susu, daging, telur
- Vitamin C   : jeruk, tomat, mangga, jambu biji
- Vitamin D   : minyak ikan, susu, telur
- Vitamin E   : biji bunga matahari, bayam
- Vitamin H   : kacang, coklat, kuning telur
- Vitamin K   : teh hijau, brokoli

Photobucket

Sebenarnya kebutuhan akan vitamin dapat tercukupi bila kita menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya. Akan tetapi karena kesibukan dan masalah selera, seringkali kita tidak mampu menerapkan pola makan tersebut. Selain itu proses pengolahan makanan yang tidak tepat juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan vitamin dari makanan kita. Oleh karenanya keberadaan produk suplemen multivitamin sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan vitamin sehari-hari.

Untuk membantu memilih produk vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anda dan seluruh anggota keluarga, silahkan ikuti tips berikut ini :

Vitamin Untuk Ibu Hamil
Pilih produk multivitamin terutama yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), untuk perkembangan neural tube pada janin. Neural tube ini nantinya akan berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu pilih produk yang mengandung mineral kalsium juga zat besi. Kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin dan mencegah ibu tidak kekurangan kalsium, zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Contoh produk Obimin AF.

Vitamin Untuk Anak
Kebutuhan vitamin pada anak harus disesuaikan dengan kondisi dan kegiatan anak sehari-hari.
- Untuk menjaga kesehatan sehari-hari, pilih produk yang mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C, misalnya : Enervon C Plus syrup, Sakatonik ABC, Becombion syrup.
- Untuk mendukung dan mempercepat proses pertumbuhan/ cepat tinggi, pilih produk yang mengandung kalsium, misalnya : Calsium Sandoz syrup.
- Untuk menambah nafsu makan, pilih produk yang mengandung lysin atau curcuma/temulawak, misalnya : Curcuma Plus syrup, Curvit syrup, Bioylsin syr.
- Untuk  menjaga kesehatan mata pada anak yang sering menonton TV atau bermain game komputer, pilih yang mengandung vitamin A, misalnya : Scott's Emulsion.
- Untuk membantu meningkatkan kecerdasan, pilih produk yang mengandung AA dan DHA, misalnya : Biolysin Smart syrup, Vidoran Smart syrup, Prolacta for baby.
- Untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak yang sering sakit, pilih produk yang mengandung colustrum atau echinacea, misalnya : Stimuno syrup, Igastrum syrup, Imboost syrup.

Vitamin Untuk Orang Dewasa
- Untuk anda yang tidak terlalu aktif secara fisik dan dapat makan serta tidur secara teratur, pilih produk yang mengandung vitamin C 500mg. Contoh produk : Ester C Holisticare , Vitacimin, Vicee.
- Untuk anda yang lumayan aktif secara fisik, sering berkegiatan setelah pulang kantor serta tidak makan secara teratur, pilih produk yang mengandung vitamin C, B kompleks dan mineral lainnya. Contoh produk : Enervon C, Surbex T, Redoxon, Hemaviton Stamina.
- Untuk anda yang sangat aktif, sering bekerja lembur atau sampai larut malam bahkan sering bekerja saat weekend, pilih produk yang mengandung Vitamin C, B kompleks, dan zinc untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap lelah dan stres serta biotin yang memberi cadangan energi ekstra. Contoh produk : Bion 3, Berocca.
- Untuk anda yang sangat aktif beraktifitas fisik yang menguras banyak tenaga dan berolahraga 3 x seminggu, pilih produk yang mengandung ginseng atau creatin yang akan memberi tambahan tenaga untuk fisik anda. Contoh : Pharmaton Formula, Hemaviton Action.

Vitamin Untuk Usia Lanjut
- Untuk membantu meredakan gejala menopause dapat menggunakan suplemen yang mengandung black cohosh. Contoh produk : Nutrafor Balance.
- Untuk mencegah dan membantu menangani osteoporosis pilih produk yang mengandung kalsium tinggi dan vitamin D3. Contoh produk : CDR fortos, Seaquill Osteo-Cal.
- Untuk membantu mereka yang menderita rematik dan asam urat pilih produk yang mengandung glukosamin, chondroitin, Methyl Sulfonil Methane atau celery. Contoh produk : Seaquill Joint Mover.
- Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol pilih produk yang mengandung bawang putih atau omega 3. Contoh produk : Nutrimax ultra garlic, Nutrimax ultra omega 3.
- Untuk mereka yang menderita diabetes pilih produk yang mengandung chromium picolinate. Contoh produk : Diagard, Seaquill sugar shield.
- Untuk mereka yang mengalami gangguan prostat pilih produk yang mengandung saw palmetto. Contoh produk : Seaquill men's prostate.

Ada baiknya untuk mengganti produk supplement vitamin yang telah kita konsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama dengan produk supplement vitamin dari merek lain yang tentunya masih sesuai dengan kebutuhan kita. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan secara berlebihan beberapa jenis vitamin dan kekurangan vitamin tertentu yang tidak terdapat dalam vitamin yang selama ini kita konsumsi. Jangan lupa pula minum sesuai dosis yang dianjurkan ( biasanya 1 kali sehari ) dan simpan vitamin dalam tempat yang sejuk kering, tertutup rapat dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment