Thursday, July 5, 2012

Pil KB Keuntungan, Kekurangan dan Cara Pakainya

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Kontrasepsi adalah metode yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan (mencegah pembuahan sel telur oleh sperma di fallopian tube). Salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak di gunakan di Indonesia adalah dengan minum pil KB.

Pil KB berisi hormon, bisa kombinasi hormon estrogen dengan hormon progesteron atau progesteron saja. Cara kerja Pil KB dalam mencegah terjadinya kehamilan adalah dengan meniadakan ovulasi (pengeluaran telur dari indung telur) dan atau mengentalkan lendir mulut rahim sehingga sperma sulit memasuki rahim

Pil KB pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi memiliki kegagalan 1 dalam 1000). Akan tetapi dalam pemakaiannya karena faktor kesalahan manusia (yang sering terjadi adalah lupa minum pil KB atau terlambat memulai kemasan yang baru), maka kegagalannya dapat menjadi 6-8 kehamilan / 100 wanita pemakai.

Pil KB aman dan efektif untuk kebanyakan wanita, baik untuk mereka yang  belum mempunya anak, usia remaja, gemuk atau kurus, usia di atas 35 tahun, tidak merokok, merokok tapi  usia di bawah 35 tahun, dan untuk wanita setelah keguguran.

Keuntungan Pil KB :
- Sangat efektif bila diminum teratur
- Tidak mengurangi kenyamanan hubungan suami istri
- Tidak tergantung pada dokter
- Menstruasi menjadi teratur, berkurang rasa nyerinya, lebih sedikit dan lebih singkat waktunya
- Dapat dipakai selama diinginkan, tidak harus beristirahat dulu
- Dapat dipakai oleh semua wanita usia produktif
- Dapat dipakai oleh wanita yang belum pernah hamil
- Dapat dihentikan pemakaiannya dengan kapan saja jika menginginkan kehamilan
- Kesuburan segera kembali setelah pemakaian pil dihentikan
- Dapat mencegah anemia akibat kekurangan zat besi
- Membantu mencegah terjadinya : kehamilan diluar kandungan, kista ovarium, kanker endometrium, tumor jinak payudara, penyakit radang panggul, kanker indung telur
- Dapat digunakan untuk penderita tumor jinak payudara, diabetes tanpa kelainan pembuluh darah, endometriosis, penyakit radang panggul, penyakit tiroid, mioma utyeri, TBC (kecuali dalam pengobatan dengan rifampicin) di bawah pengawasan dokter

Kekurangan Pil KB :
- Mual terutama tiga bulan pertama
- Terkadang terjadi perdarahan/ bercak diantara masa haid , terutama bila lupa minum pil atau terlambat minum pil
- Sakit kepala ringan
- Nyeri payudara
- Dapat meningkatkan berat badan
- Tidak ada haid
- Tidak cocok untuk mereka yang pelupa
- Kemasan baru selalu harus tersedia setelah pil kemasan sebelumnya habis
- Tidak dianjurkan untuk ibu menyusui karena mengganggu jumlah dan kualitas ASI
- Tidak dapat dipakai oleh perokok berat, atau wanita dengan tekanan darah tinggi terutama pada usia di atas 35 tahun 
- Tidak dapat dipakai untuk mereka yang pernah atau sedang mengalami proses tromboembolik di arteri atau vena dan keadaan dimana ada kecendrungan ke arah penyakit tersebut (misalnya gangguan sistem pembekuan darah dengan kecendrungan menuju trombosis penyakit jantung tertentu)

Cara Pemakaian Pil KB :
 photo rai-ibuku-125_zps02ced56c.gif
- Untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan pil KB, mulai minum pil saat haid yaitu mulai di hari ke lima haid atau paling baik di hari pertama haid. Bila dimulai pada saat haid sudah berhenti, jika hendak melakukan hubungan intim, gunakan kondom selama 7 hari pertama menelan pil untuk mencegah terjadinya kehamilan.

- Untuk mencegah lupa minum pil, minumlah pil KB secara teratur setiap harinya pada jam yang sama, disarankan untuk menelan pil pada malam hari (sebelum tidur atau setelah makan malam).

- Jika lupa minum satu pil KB ( aktif bukan placebonya ) minum segera saat teringat dan minum pil dosis hari itu di saat waktu rutin biasanya. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saatnya minum pil. Namun jika lupa lebih dari 1 hari, buang pil yang terlupa dan lanjutkan minum pil sesuai harinya, namun karena efektifitas berkurang, perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan intim.

Contoh : Biasa minum pil KB setiap jam 9 malam
  • Tanggal 1 lupa minum pil KB, baru teringat jam 10 pagi di tanggal 2, maka segera minum pil KB yang terlupa. Jam 9 malam tanggal 2, minum pil KB seperti biasa.
  • Tanggal 1 lupa minum pil KB, baru teringat jam 9 malam tanggal 2, maka minum ke dua pil sekaligus.
  • Tanggal 1 dan tanggal 2 lupa minum pil KB, baru teringat di tanggal 3 maka buang ke dua pil, dan jam 9 malam tanggal 3 tetap minum pil KB sesuai harinya, dan bila hendak melakukan hubungan intim 7 hari ke depan gunakan kondom agar tidak terjadi kehamilan.

- Untuk pil KB dengan isi 21 pil, setelah pil terakhir dimakan, maka 7 hari kedepan libur/ tidak makan pil. Saat libur inilah diperkirakan akan terjadi haid, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis. Setelah libur 7 hari, baik haid sudah selesai ataupun belum, minum kembali pil KB dari blister yang baru. Jika lupa tidak berhenti minum pil dan langsung melanjutkan blister yang baru maka haid tidak akan terjadi. Hal ini karena efek lanjutan hormon estrogen dan progesteron pada pil KB. Hentikan pil KB maka dalam beberapa hari akan terjadi haid.

- Untuk pil KB dengan isi 28 pil, 7 buah pil yang beda ukuran dan warnanya dari 21 pil lainnya, sebenarnya tidak mengandung hormon melainkan hanya tepung saja ( plasebo ) sehingga tidak memiliki efek pengobatan. Saat minum pil plasebo inilah haid diperkirakan akan terjadi. Tujuan disediakan pil plasebo hanyalah sebagai pengingat saja supaya tidak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya.

- Untuk ibu menyusui tersedia minipil ( hanya mengandung progesteron, tidak mengandung estrogen). Pil ini mempunyai efek seperti suntikan KB karena tidak mengendung estrogen, sehingga tidak mengganggu kualitas maupun kuantitas ASI, contohnya : Excluton.

 - Untuk ibu pasca melahirkan, maka pemakaian pil KB dimulai saat :
· Ibu telah berhenti menyusui atau 6 bulan setelah melahirkan (mana yang lebih dulu)
· 3 - 6 minggu pasca salin untuk ibu yang tidak menyusui
· Bila telah lebih dari 42 hari (6 minggu) pasca salin dan tidak menyusui, yakinkan dulu bahwa tidak hamil,
baru mulai minum pil KB

- Untuk pemakaian pil KB setelah keguguran :
· mulai pada 7 hari pertama keguguran
· setiap saat asal yakin tidak hamil dan berKB ganda (kondom atau spermisida) selama 7 hari pertama.

 photo belajarinternetdinsan.gif

6 komentar:

Anonymous said...

sangat membantu... terimakasih..

raehana haryadi said...

Jika minumnya saat hari ke5 haidh,apa pil placebox diminum jga atau lgsg pil aktifnya yg diminum?

Anonymous said...

Kalo misalkan minum pil sesudah hubungan intim,,berpengaruh gak dok,,?

dwie said...

Maap sebelumya saya mau nany.sebenarya pil yg beda warnanya itu diminum pertma ap dmnum setelah pil yg 21 biji itu habis dulu?

Anonymous said...

Bisa kah Pil KB hanya di minum bila akan berhubungan intim, jika tidak beruhubungan tidak perlu di minum, ada efek samping gak kalo cara konsumsinya seperti itu?

makasih atas jawabannya

nsallmaa salma said...

kalo konsumsi pil kb apakah diperbolehkan donor darah?

Post a Comment