Monday, December 5, 2011

Penyakit Katarak Pada Mata

Penyakit katarak merupakan penyebab kebutaan No 1 di Indonesia. Pada penderita penyakit ini, mata yang seharusnya jernih menjadi keruh seperti berawan/ berkabut. Lensa yang keruh menyebabkan cahaya tidak dapat jatuh di retina dan akhirnya kemampuan penglihatan dari penderitanya mengalami penurunan secara bertahap.

Selain itu penyakit katarak juga ditandai dengan salah satu mata melihat obyek lebih terang dibandingkan mata yang lain, obyek warna-warni terlihat pudar, silau terhadap cahaya terang, obyek terlihat ganda, dimana hal - hal tersebut tidak dapat diatasi dengan mengganti ukuran kacamata.

Penyebab utama dari penyakit katarak adalah faktor usia. Dimana pada usia diatas 50 tahun lensa mata mulai kehilangan sifat lenturnya dan kejernihannya.

Penyebab Penyakit Katarak Lainnya :
- Infeksi rubella ( campak jerman ) pada wanita hamil tri semester pertama kehamilannya, karena pada usia kehamilan ini sedang terjadi perkembangan lensa pada janin.
- Menderita penyakit diabetes dan darah tinggi.
- Luka atau cedera pada mata.
- Mengkonsumsi obat kortikosteroid oral dalam jangka panjang.
- Pemamparan yang berlebihan terhadap sinar matahari/sinar ultraviolet.
- Keracunan logam berat, misalnya air raksa.
- Keturunan/faktor genetik dapat menyebabkan penyakit katarak timbul pada usia yang lebih muda.

Pengobatan dan Penanganan Penyakit Katarak
Cara yang paling efektif untuk pengobatan dan penanganan penyakit katarak pada mata adalah dengan melakukan operasi mata untuk membuang lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan dari bahan plastik atau silikon yang jernih. Proses operasi hanya berlangsung selama beberapa jam saja. Ada beberapa produk tetes mata untuk memperlambat proses pengeruhan lensa mata misalnya Cendo Catarlent.

1 komentar:

armouris said...

terjumpa info ni, juga pasal katarak… sharing is caring :) - Antioksidan Bantu Cegah Katarak

Post a Comment