Monday, January 30, 2012

Cara Menghilangkan/ Mengatasi Jerawat

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan jerawat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu jerawat. Jerawat adalah suatu kondisi pada kulit dimana pori-pori tersumbat oleh sebum ( minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous ) dan sel-sel kulit mati.

Jerawat yang ringan dimana pori- pori tersumbat tanpa disertai dengan peradangan disebut dengan komedo. Jerawat yang membengkak, merah dan disertai nanah disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Selain muncul di wajah, jerawat dapat muncul pula di leher, dada dan punggung.

Faktor Yang Mempengaruhi Timbulnya Jerawat
- Pengaruh kadar hormon ( masa puber dan menjelang menstruasi )
- Faktor genetik ( over produksi sebum )
- Makanan yang kadar lemaknya tinggi
- Stress
- Perawatan wajah yang tidak tepat
- Meningkatnya bakteri Propionibacterium acnes
- Pemakaian obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, lithium

Tips Untuk Mencegah dan Menghilangkan/ Mengatasi Jerawat
Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit. Jika jarang dibersihkan bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Untuk kulit yang berminyak dianjurkan lebih sering membersihkan wajah, tetapi ingat jangan menggosok wajah secara berlebihan karena justru akan meningkatkan produksi sebum.
2. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda
Terutama untuk kulit yang berminyak gunakanlah kosmetik yang berlabel non comedogenic ( tidak memicu penyumbatan pori-pori kulit ).
3. Keringkan wajah dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri menyukai tempat yang lembab.
4. Selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.
Hal ini penting agar kulit dapat beregenerasi dengan baik.
5. Sedapat mungkin jangan memencet atau menusuk jerawat karena hal tersebut akan memicu lebih banyak bakteri masuk ke jerawat.
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari maka kulit akan selalu sehat.
7. Hindari makanan yang menurut pengalaman anda dapat memperburuk kondisi jerawat
8. Perbanyak makan sayur dan buah.
Sayur dan buah-buahan mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.
9. Tidur yang cukup dan teratur.
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakan untuk tidur yang cukup dan teratur. Saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun-racun yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kembali segar.
10. Obati jerawat dengan obat jerawat yang dijual bebas untuk kasus yang ringan seperti Acnol, Sebamed Acne Gel, Clean and Clear Acne Gel. Untuk kasus yang  sedang dan parah biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan yang mengandung antibiotik atau obat yang dapat bekerja menormalkan perubahan kadar hormon.

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment