Saturday, May 19, 2012

Tips Mengatasi Mata Kering

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Mata kering atau keratokonjungtivitis sika adalah suatu kondisi yang terjadi jika mata tidak menghasilkan air mata dalam jumlah yang cukup. Air mata yang dikeluarkan oleh kelenjar lakrimal berfungsi untuk menjaga kelembaban dan lubrikasi untuk kenyamanan mata saat digunakan.

Kandungan pada air mata adalah air untuk kelembaban, minyak untuk lubrikasi, lendir untuk penyebaran air mata ke seluruh bagian mata dan protein khusus untuk pencegahan infeksi. Ketika ada ketidakseimbangan pada sistem air mata, aliran air mata seakan terhenti, kondisi ini dapat merusak kornea dan mengganggu penglihatan kita.

Tanda dan Gejala Mata Kering :
- Sensasi rasa panas, kering, gatal, kadang disertai mata merah
- Terasa seperti ada benda asing atau ada yang mengganjal pada mata
- Banyak kotoran pada mata
- Mata lelah walau membaca hanya dalam waktu yang tidak lama
- Kepekaan terhadap cahaya atau asap meningkat
- Air mata terasa lebih pekat
- Pandangan mata kabur bila terlalu lama membaca, menonton, bekerja didepan layar komputer
  
Penyebab Terjadinya Mata Kering :
- Usia : pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas khususnya para wanita setelah menopause.
- Lingkungan : ruang kerja yang ber AC, mata sering terpapar asap rokok, asap kendaraan, udara panas dan berdebu, sinar matahari, cahaya lampu yang sangat terang.
- Aktifitas : bekerja di depan layar komputer, menonton televisi atau membaca dalam waktu yang lama tetapi kurang berkedip, naik kendaraan bermotor tanpa perlindungan kacamata, bekerja sebagai driver terutama dalam mobil ber AC, bekerja atau sering naik pesawat, berenang .
- Pemakaian kontak lensa secara terus menerus tanpa istirahat.
- Penggunaan obat anti alergi dan obat tiroid dalam  waktu lama.
- Penyakit yang mempengaruhi kemampuan mata untuk menghasilkan air mata, seperti sindrom Sjogren, rheumatoid arthritis atau lupus.
- Ada gangguan di kelopak mata yang membuatnya tidak menutup secara sempurna (LAM).
 
Tips Mengatasi Mata Kering :
- Pejamkan mata sejenak atau berkedip lebih sering atau sesekali alihkan pandangan ke tanaman hijau/ taman/ ke arah yang jauh jika sedang bekerja dengan komputer, menonton TV atau membaca.
- Bila mata terasa lelah, kompres mata dengan handuk/ sapu tangan yang dibasahi dan pejamkan mata sambil tiduran.
- Hindari hembusan kipas angin, pengering rambut, AC langsung ke arah wajah.
- Hindari paparan asap kendaraan, asap rokok, dan debu ke mata.
- Gunakan kacamata bila mengendarai kendaraan bermotor, berenang, cuaca di luar terlalu terik/ berangin kencang atau bagi yang bekerja di tempat yang berkontak dengan percikan cahaya, misal tukang las.
- Bagi pengguna lensa kontak, rawat lensa kontak dengan benar, lepaskan secara teratur untuk  memberi kesempatan mata beristirahat. Pejamkan mata sebentar agar bola mata dapat dibasahi secara alami
- Jangan biasakan anak menonton TV atau bermain game dalam waktu yang lama. Walau masih usia muda tetap beresiko terjadi mata kering akibat pandangan yang fokus dan jarang berkedip.
- Jika perlu gunakan obat tetes mata khusus untuk melembabkan mata seperti Insto Moist, Rohto Tears atau Cendo Lyters. Perhatikan kadaluarsanya dan sebaiknya obat tetes mata di pakai dalam jangka waktu 1 bulan setelah pembukaan segel untuk menjamin sterilitasnya.

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment