Thursday, June 21, 2012

Tips Sehat Untuk Ibu Hamil

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Masa kehamilan adalah saat indah dan menyenangkan yang dialami oleh seorang wanita karena akan hadirnya calon buah hati di tengah-tengah keluarga. Namun demikian wanita hamil/ wanita yang sedang menantikan kehamilan haruslah memiliki banyak pengetahuan agar dapat menjaga kesehatan tubuhnya dan janinnya, dan agar kelak persalinannya dapat berjalan dengan lancar.


Berikut ini adalah tips yang penting untuk diketahui oleh ibu hamil :
- Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana caranya menjalani kehamilan yang sehat baik melalui buku, media kabar, televisi, internet, dll.

- Periksakan kehamilan ke dokter kandungan atau ke bidan minimal tiga kali selama masa kehamilan yaitu pada usia kehamilan semester pertama, usia kehamilan semester kedua dan usia kehamilan semester ketiga. Akan tetapi sangat disarankan untuk memeriksakan kehamilan setiap bulannya saat usia kehamilan memasuki semester ketiga.

- Trisemester awal kehamilan adalah masa yang riskan terjadinya keguguran, oleh karenanya ibu hamil harus menjaga aktivitas fisik agar tidak terlalu berlebihan dan juga mempersiapkan mental saat mengetahui kehamilan agar dapat menghindari terjadinya stress.

-  Saat trisemester awal, ibu hamil harus menjaga makanan untuk menghindari cacat pada janin. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, minimalkan makanan berpengawet, hindari makanan dengan kadar lemak tinggi, hindari makanan mentah atau yang dimasak kurang matang seperti sushi, karedok, telur setengah matang dll.

- Di trisemester awal kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah. Tetaplah berusaha untuk makan agar perut tidak kosong, sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering, atau minta dokter untuk meresepkan obat mual, dan juga minum yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

- Untuk wanita perokok dan atau mengkonsumsi minuman keras, hentikan kebiasaan buruk ini segera setelah mengetahui kehamilan, karena rokok dan minuman keras dapat memberikan dampak buruk bagi janin.

- Hindari atau batasi minum kopi dan teh karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan teh bisa mengurangi  penyerapan zat besi.

- Cukup konsumsi sayur, buah dan air untuk mencegah terjadinya konstipasi disaat kehamilan. 

- Ibu hamil biasanya mudah mengantuk, sebaiknya segera tidur/ atur waktu beristirahat sebaik mungkin agar stamina dan energi tubuh tetap terjaga.

- Konsumsi secara teratur vitamin/ suplement khusus untuk ibu hamil terutama yang cukup mengandung zat besi untuk mencegah anemia dan asam folat untuk pembentukan otak janin.

- Saat memasuki trisemester kedua, ibu hamil sebaiknya mulai cukup berolahraga seperti joging, yoga, berenang agar tubuh tetap bugar.

- Agar emosi tetap stabil, sangat disarankan untuk pergi berlibur di saat trisemester kedua.

- Saat memasuki trisemester akhir ibu hamil harus tetap rileks dan santai, tetap lakukan senam hamil dan persiapan lain yang diperlukan menjelang kelahiran.

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment