Saturday, August 4, 2012

Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Daya ingat amatlah penting dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari. Bila daya ingat menurun atau bahkan menghilang, maka kita akan menemui banyak kesulitan. Menurunnya daya ingat biasanya karena faktor usia dan karena pola/ gaya hidup yang salah. Meski secara teori menghindari dari masalah penurunan daya ingat adalah hal yang sulit, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat.

Tips untuk meningkatkan daya ingat :
  • Terus mencari informasi yang baru. Hal yang dapat dilakukan : banyak membaca, melanjutkan pendidikan, mengikuti seminar, mengambil kursus ( contohnya : kursus bahasa asing, kursus komputer, dll )
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan dan minyak zaitun.
  • Melakukan permainan yang bertujuan mengasah kemampuan otak /memerlukan konsentrasi penuh. Contohnya : mengisi teka-teki silang, bermain catur, othello, scrabble dll.
  • Memulai sesuatu yang baru. Seperti belajar memainkan alat musik, menekuni hobby baru, berpindah karier, menjadi sukarelawan dll.
  • Mengelola dengan baik masalah pada jantung dan pembuluh darah, seperti hipertensi, kolesterol tinggi dll.
  • Rutin berolahraga. Dengan olahraga yang teratur dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan dapat memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke otak, sehingga kemampuan kerja otak akan semakin maksimal.  
  • Cukup tidur. Kelelahan dan stress dapat membuat kita menjadi mudah lupa dan membuat fungsi otak tidak maksimal sehingga akan menurunkan daya ingat. Banyak informasi yang seharusnya bisa kita simpan di otak, namun karena posisi kita dalam kelelahan dan stress, maka informasi yang tersebut akan hilang begitu saja, dengan tidur yang cukup maka fungsi otak akan kembali normal.
  • Mengendalikan stress. Setiap orang memiliki tingkat stress yang berbeda. Stress yang berlebihan, dapat mengganggu daya ingat. Oleh karena itu usahakanlah untuk dapat mengendalikan stress yang ada. Caranya antara lain dengan menyikapi dengan bijak berbagai permasalahan yang ada, mendekatkan diri kepada Tuhan atau dengan pergi berlibur dll. Akan tetapi bila semuanya tidak berhasil dan anda mengalami depresi, gelisah dan putus asa segeralah pergi ke psikolog.
  • Ulangi menyebutkan atau mengulas informasi baru. Ketika mendapatkan suatu informasi baru, biasanya kita ingat mengenai informasi tersebut tetapi dapat dengan segera melupakannya. Oleh karenanya ketika mendapatkan suatu informasi baru segera ulangi membahas informasi baru tersebut beberapa kali agar dapat terekam kuat di ingatan kita.
  •  Tetap menggunakan kalender, daftar, dan buku alamat.Menggunakan kalender, daftar dan buku alamat dapat mengingatkan kita pada suatu informasi. Karena dengan menuliskan berarti juga sama dengan mengulang suatu informasi baru, sehingga kita dapat mengingatnya tanpa perlu melihat catatan kita lagi.
  • Mengingat nomor telepon keluarga, teman atau nomor-nomor penting lainnya. Atau mengingat berbagai password yang dimiliki.
  • Berusaha meningkatkan konsentrasi dan memfokuskan pikiran.Sempatkan diri untuk memfokuskan pikiran serta melatih konsentrasi. Ingat kembali berbagai peristiwa hidup, berbagai hal yang harus disiapkan, mengingat berbagai benda yang di simpan dll. Dengan seringnya melatih konsentrasi dan memfokuskan pikiran, tentunya hal ini akan kembali menyegarkan daya ingat.
  • Berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Ada beberapa jenis obat yang dapat menurunkan daya ingat, seperti antidepressant, antihistamin dan obat hipertensi. Gunakan obat-obatan tersebut sesuai dengan dosis yang diberikan dokter.
  • Tetap optimis. Optimis akan suatu perubahan sangat dibutuhkan dalam upaya mempertajam kembali daya ingat. Dengan rasa optimis ini maka kita akan tetap berusaha keras untuk meningkatkan kembali daya ingat yang lemah.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment