Wednesday, September 26, 2012

Tips Penggunaan Sunblock dan Sunscreen

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Pemakaian tabir surya penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti noda hitam, kerutan, luka bakar bahkan kanker kulit. Namun masih banyak diantara kita yang belum paham kegunaan, cara pemakaian dan bagaimana memilih tabir surya yang tepat. Oleh karenanya mari kita bahas satu persatu.

 Tabir surya terdiri dari dua jenis yaitu sunblock dan suncreen. Keduanya berbeda dalam hal cara kerja, sunblock bekerja melindungi kulit dengan cara membentuk barier fisik terhadap sinar matahari, sehingga mencegah semua sinar UV agar tidak masuk ke dalam kulit dengan cara memantulkannya dan memotong-motong sinar UV. Sedangkan sunscreen bekerja dengan cara menyerap energi yang dikandung dalam sinar UV dan memantulkannya sebagai radiasi berenergi rendah dengan panjang gelombang yang panjang, yang dipancarkan sebagai panas.

SPF merupakan singkatan dari Sun protection factor (SPF) merupakan ukuran standar seberapa baik tabir surya itu memantulkan sinar UVB. Nilai SPF tidak mengukur perlindungan terhadap sinar UVA. Atau dapat dikatakan SPF adalah perbandingan antara waktu yang dibutuhkan untuk menyebabkan sunburn minimal pada kulit yang terlindungi oleh sunblock/ sunscreen dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyebabkan sunburn pada kulit yang tidak terlindungi sunblock/ sunscreen.

Secara teori, makin tinggi nilai SPF maka akan semakin baik. Sebagian ahli masalah kulit menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan nilai SPF di atas 30. Namun, banyak juga yang tidak sependapat dengan teori ini dan lebih menekankan untuk memastikan tabir surya tetap berada dikulit daripada memikirkan nilai SPF.

Tips Penggunaan Sunblock atau Sunscreen :
  1. Oleskan tabir surya secara merata pada kulit yang terpapar sinar matahari terutama wajah, telinga, tangan, bibir dan seluruh tubuh jika anda akan berjemur atau berenang. Jika tidak terlalu banyak rambut di kepala, gunakan juga tabir surya pada kepala atau pakai topi. Ingat, ketika mengoleskan tabir surya, jumlahnya jangan terlalu sedikit.
  2. Gunakan tabir surya kira-kira 30 menit sebelum anda terkena sinar matahari.
  3. Ulangi pemakaian tabir surya setiap 2 jam, bisa lebih sering jika kulit berkeringat secara berlebihan. Jika anda sedang berenang, selain diulang setiap 2 jam, gunakan tabir surya kembali setelah mengeringkan tubuh dengan handuk.
  4. Perhatikan jenis kulit, pilihlah sunblock/ sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit
  5. Anak usia 6 bulan keatas sudah dapat menggunakan tabir surya, sedangkan untuk yang usianya 6 bulan ke bawah sedapat mungkin hindari terkena sinar matahari (diatas jam 10 pagi ) secara langsung.
  6. Sinar UVA dapat menembus payung, kaca dan mendung, jadi tetap gunakan tabir surya walau langit mendung, saat di dalam mobil atau di ruangan yang dikelilingi kaca.
  7. Berada di dalam air juga tidak dapat melindungi kita dari sinar UV. Perlu diketahui jika kita berada 1 meter di bawah permukaan air, 50% dari nilai total insensitas UVB masih bisa menjangkau kita.
  8. Setelah berjemur atau berenang walaupun sudah menggunakan sunblock/ sunscreen, kulit tetap membutuhkan perawatan dengan after sun lotion sebagai moisturizer yang juga berfungsi untuk mencegah kulit mengelupas.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment