Tuesday, November 20, 2012

Tips Kesehatan Selama Musim Hujan


Musim hujan telah tiba. Di musim hujan tubuh cenderung rentan terkena penyakit. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang biasanya dapat membunuh kuman terhalang awan hitam. Banjir dan air yang tergenang juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti flu, diare, penyakit kulit dan demam berdarah. Agar dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut silahkan ikuti tips kesehatan selama musim hujan berikut ini :

- Cukup minum air putih
Saat musim hujan, keringat tidak menguap dengan cepat karena tingkat kelembaban tinggi. Hal ini mencegah tubuh mengeluarkan panas sehingga kita cenderung lebih jarang merasakan haus dibandingkan saat musim kemarau, padahal sebenarnya kebutuhan tubuh akan air tidak berbeda jauh. Oleh karena itu disarankan untuk tetap minum air sekurangnya 1 liter sehari. Selain air putih minumanlah yang hangat, seperti wedang jahe.

- Cukup istirahat 6-8 jam sehari
Dengan cukup beristirahat maka tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel organ tubuh yang rusak sehingga kita tetap sehat di musim hujan.


- Hindari sumber penyakit, hal yang dapat dilakukan :
Photobucket
  • Biasakan cuci tangan setiap sebelum makan dan sehabis dari toilet. Jika baru kembali dari luar ruangan, cuci baik tangan dan kaki. 
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut. 
  • Siapkan cairan pembersih antikuman terutama saat keluar rumah. 
  • Hindari membeli makanan di tempat yang kurang terjaga kebersihannya.  
  • Hindari genangan air dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. 
  • Jaga pakaian tetap kering dan bersih sepanjang waktu untuk menghindari penyakit kulit. Cucian yang tak mau kering adalah kendala di musim hujan. Meski begitu, cari cara agar cucian bisa kering sepenuhnya karena pakaian yang lembab masih menyimpan air yang dapat menjadi sarang bakteri.
- Konsumsi makanan yang bergizi
Konsumsilah sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi. Tentunya pilih makanan yang bersih dan segar.

- Jaga tubuh agar tetap hangat
Jika kehujanan dan kedinginan pertahanan tubuh kita dapat menurun, oleh karena itu selalu kenakan jaket atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh. Bila harus menerjang hujan, gunakan payung atau jas hujan. Ada baiknya pula untuk membalurkan minyak kayu putih atau minyak gosok yang hangat di tubuh. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, konsumsi sup hangat atau segelas wedang jahe atau sekuteng.
 
- Tetap berolahraga
Dengan olahraga yang cukup maka stamina tubuh tetap terjaga. Jika anda sering berolahraga outdoor, musim hujan dapat mengganggu aktifitas olahraga anda. Cobalah olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik dengan panduan video, sit up, skipping atau berolahraga di gym.

- Minum multivitamin/ suplemen
Minum multivitamin terutama yang mengandung vitamin C dosis tinggi, karena vitamin C dapat meningkatkan pertahanan tubuh. Inilah tips kesehatan selama musim hujan yang terakhir.

1 komentar:

Isna Putri said...

aneka kumpulan tips yg bagus2. minta ijin bahan tulisannya ini saya pakai untuk bikin brosur ya..
terima kasih sebelumnya (maaf gak nunggu konfirmasi karena lagi diburu waktu :D)

Post a Comment