Saturday, February 19, 2011

Tips Penanganan Luka Bakar

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

2nd degree burn Pictures, Images and PhotosBerdasarkan tingkat keparahannya, luka bakar dapat dibagi menjadi :

> Luka bakar derajat 1
Merupakan derajat yang paling ringan. Hanya terjadi pada lapisan kulit bagian luar (epidermis), dimana kulit terasa nyeri dan tampak merah tetapi tidak melepuh dan tidak ada demam. Terjadi jika menyentuh benda panas dalam jumlah sedikit atau dalam waktu sangat singkat, misalnya terpercik minyak goreng panas, tersenggol setrika panas.

> Luka bakar derajat 2
Kulit terasa nyeri, tampak merah yang intensif dan melepuh. Sering disertai demam.

Luka bakar derajat 2 terbagi lagi menjadi :
-Luka bakar derajat 2 permukaan : hanya sebagian dari kulit bagian tengah yang rusak.
-Luka bakar derajat 2 dalam : hampir seluruh bagian tengah kulit (dermis) rusak, yang tersisa hanya folikel rambut. Akibatnya kulit tampak coreng-moreng.

> Luka bakar derajat 3
Kulit terbakar secara menyeluruh hingga bagian dalam ( subkutan ), sehingga kulit terlihat kehitaman / gosong. Luka bakar ini membuat penderitanya kesulitan bernafas dan luka cepat sekali terinfeksi, disertai dengan rasa nyeri luar biasa dan demam.
Luka bakar ini umumnya terjadi pada korban kebakaran atau bom.

Perawatan dan Pengobatan Luka Bakar :
Luka bakar derajat 1 dan 2 permukaan dapat dianggap sebagai luka bakar ringan jika tidak melibatkan wajah atau selangkangan dan diameter area yang mengalami luka bakar sekitar 5-7cm.

Tips untuk menangani luka bakar tingkat ini adalah :
> Dinginkan luka bakar dengan air dingin yang mengalir secara terus menerus ( air kran ) selama 15 menit
> Jangan meletakkan es secara langsung pada luka bakar, karena dapat menyebabkan frosbite ( cedera/ kematian sel karena membeku )
> Sebelum mendinginkan luka bakar dengan air, jangan oleskan apapun ke kulit yang mengalami luka bakar. Mengoleskan pasta gigi atau mentega bukanlah tindakan yang tepat, bahkan akan memicu munculnya infeksi.
> Setelah luka bakar dingin, oleskan lotion yang mengandung aloe vera atau vitamin E atau tender care dari Oriflame. Atau dapat pula anda oleskan Bioplacenton gel yang bisa di beli di apotik terdekat.
> Bila perlu tutup kulit yang mengalami luka bakar dengan kasa yang mengandung obat seperti Sofratulle atau Daryantulle lalu lapisi lagi dengan kasa steril dan plester.

Untuk luka bakar yang termasuk kategori derajat 2 dalam atau derajat 3, korban harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan yang memadai.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment