Tuesday, September 20, 2011

Tips Merawat Kulit Wajah

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

1. Jangan lupa membersihkan kulit wajah.
Hal ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu, kelebihan minyak, sisa-sisa makeup dari wajah kita. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakan pembersih yang berbentuk foam, gel atau yang bersifat 'deep cleaning'. Dengan kandungan surfaktannya yang tinggi, sangat ideal untuk kulit berminyak.

Untuk jenis kulit normal bersihkan dengan menggunakan susu pembersih, sedangkan untuk jenis kulit kering dan sensitif, gunakan pembersih dengan formula lebih ringan dan mengandung pelembap. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari untuk kulit yang normal dan kering. Untuk kulit berminyak, pada siang hari anda juga dianjurkan untuk membersihkan kulit muka.

2. Perbaiki kulit dengan penyegar/toner.
Lakukan setelah wajah dibersihkan. Penggunaan toner bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan sisa-sisa pembersih, mengecilkan pori-pori dan menyiapkan kulit untuk penggunaan pelembab.
Cara menggunakan toner yg dianjurkan adalah dengan membasahi kapas dengan toner lalu tekan-tekan kapas secara perlahan diseluruh wajah dan leher hingga meresap ke kulit. Jangan gosok kapas ke kulit ketika menggunakan toner.

3. Melembabkan kulit.
Pilih pelembab yang sesuai dengan usia anda dan sesuai dengan jenis kulit anda. Untuk kulit normal dan kering pilih pelembab dalam bentuk krim, untuk kulit berminyak gunakan pelembab dalam bentuk lotion. Gunakan pelembab pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika anda sering berada ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung diatas jam 10 pagi sampai jam 4 sore pilih pelembab yang memiliki SPF untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari. Atau bila ingin memakai sunblock yang terpisah dari pelembab, maka sunblock diusapkan ke wajah setelah menggunakan pelembab. Saat menggunakan pelembab lakukan sambil memijat kulit wajah selama 2 menit, hal ini sangat bermanfaat untuk merilekskan kulit muka, menghilangkan keletihan dan mencerahkan kulit muka.

4. Angkat sel-sel kulit mati dari wajah anda.
Setiap hari lapisan kulit baru di produksi dilapisan dermis kulit kita. Ketika lapisan tersebut berpindah ke lapisan epidermis, maka ia akan kehilangan cairan lalu menjadi kering dan akhirnya mati. Karenanya dua kali seminggu gunakan pembersih wajah yang mengandung scrub untuk menghilangkan kulit mati dan membuka sumbatan pori-pori.

5. Jangan lupa gunakan masker.

Dua minggu sekali, rawatlah wajah dengan menggunakan masker. Penggunaan masker sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan dan menguatkan kulit serta merangsang aliran darah. Gunakan masker 10-15 menit setelah wajah dibersihkan. Setelah masker menjadi kering bersihkan dengan menggunakan air dan toner lalu gunakan pelembab sesuai dengan jenis kulit.


7. Usahakan banyak minum air putih, kurang lebih 1 liter perhari.

8 .Konsumsi vitamin atau buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A, C, E, yang merupakan antioksidan yang baik buat kulit.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment