Sunday, October 9, 2011

Penyakit Vertigo

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Vertigo adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (labyrinth).

Penderita vertigo akan merasa kepala menjadi ringan, pandangan kabur dan seolah-olah dirinya berputar atau seolah-olah benda-benda disekitar penderita seperti berputar.

Penyakit vertigo seringkali disertai dengan gerakan bola mata yang abnormal, mual, muntah, telinga berdenging, keringat dingin dan kehilangan keseimbangan, dapat berlangsung hanya beberapa saat saja atau dapat berlanjut sampai beberapa jam bahkan seharian. Kadangkala penderita akan merasa lebih baik jika berbaring akan tetapi sering pula vertigo tetap berlanjut meski penderitanya tidur / tidak bergerak.

Gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam yg menyebabkan timbulnya penyakit vertigo dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :
- Mabuk darat atau mabuk laut
- Obat-obatan, seperti gentamisin, furosemid, carbamazepin, phenytoin juga alkohol
- Transient ischemik attack ( gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak pada arteri vertebral dan arteri basiler ), misalnya pada penderita hipertensi, diabetes mellitus atau kolesterol tinggi.
- Kelainan atau adanya infeksi di telinga bagian tengah.
- Kelainan neurologis

Tips Untuk Penderita Penyakit Vertigo :
- Kerjakan segala sesuatu dengan tenang / tidak terburu-buru.
- Hindari perubahan gerak kepala yang cepat dan ekstrim, misalnya dari posisi jongkok lalu berdiri, secara tiba-tiba meloncat atau berputar.
- Kurangi merokok, minuman berkafein dan makanan bergaram.
- Ketika anda pilek buang lendir/hingus secara perlahan supaya virus/bakteri tidak terdorong ke telinga.
- Bila vertigo sedang kambuh, berbaringlah dengan rileks di ruangan yang gelap, untuk memperlancar aliran darah ke otak dan membantu meredakan mual.
- Minum obat-obatan untuk vertigo, seperti antimo ( untuk yang ringan ) dan mertigo.

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment