Monday, April 9, 2012

Tips Memilih Kosmetik Yang Aman

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Tampil cantik dan menarik merupakan keinginan sebagian besar kaum wanita. Dengan memakai produk kecantikan, baik produk perawatan kulit maupun produk kosmetik kaum wanita berharap dapat tercapainya keinginan tersebut.

Oleh karena itu pelaku industri kecantikan pun berlomba-lomba memproduksi produk yang diperkirakan akan diminati oleh kaum wanita, seperti produk anti kerut, produk pemutih, produk anti jerawat atau kosmetika yang berwarna menarik dan tahan lama.

Akan tetapi sayangnya tidak semua produsen memperhatikan keamanan produk yang dibuatnya. Banyak diantara produk kecantikan yang beredar dipasaran mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan yang sudah dilarang pemakaiannya oleh pemerintah, seperti mengandung merkuri, asam retinoat, hydroquinon dengan kadar diatas 2%, rhodamin atau colouring agent CI ( 12075, 12140, 13065, 15585, 26105, 42535 dll). Oleh karena itu kita harus teliti sebelum membeli dan menggunakan suatu produk kecantikan.

Tips Memilih Kosmetik Yang Aman :
1. Teliti legalitas produk
Sebelum diedarkan produsen kosmetik harus mendaftarkan produknya ke BPOM. Apabila telah terdaftar maka akan mendapatkan nomor registrasi yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka, misalnya  POM CD 1234567890 untuk produksi dalam negeri dan POM CL 1234567890 untuk produksi luar negeri. Tetapi sekarang produsen nakal pun banyak yang mencantumkan kode BPOM palsu diproduknya, sehingga anda harus ekstra hati-hati, lebih baik membeli di counter-counter resmi.

2. Teliti komposisi/ kandungan produk.
Perhatikan adakah bahan berbahaya yang tercantum. Untuk produk yang telah terdaftar di BPOM wajib mencantumkan komposisi produk. Apabila tidak tercantum komposisinya jangan dibeli.

3. Teliti produsen/ pabrik yang memproduksinya
Pada kemasan produk harus tercantum nama dan alamat dari pabrik atau distributornya.

4. Teliti masa kadaluarsa produk
Pada produk harus tercantum  nomor batch atau kode produksi dan tanggal kadaluarsa. Atau ada juga yang mencantumkan tanggal produksinya, ini biasanya masa kadaluarsanya 3 tahun dari tanggal produksi.

5. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan usia.

6. Perhatikan penyimpanan produk di tempat kita akan membeli, apakah terkena sinar matahari langsung atau tidak. Kosmetik akan menjadi rusak apabila berhari-hari terkena sinar matahari secara langsung.

7. Perhatikan kemasannya, apabila sudah rusak/ tidak mulus, warnanya sudah pudar, hanya menggunakan pot obat, kemasannya "telanjang" tanpa label atau hanya ditempeli stiker, jangan dibeli karena kemungkinan besar merupakan kosmetik palsu.

8. Pada pemakaian pertama suatu produk, lakukan test alergi dengan mengoleskannya dibagian belakang telinga yang lebih sensitif, apabila gatal atau terjadi kemerahan jangan teruskan pemakaian pada wajah.

 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

Aneka Tips kesehatan Online said...

Sama sama

Post a Comment