Friday, April 6, 2012

Tips Olahraga Mengecilkan Perut & Menurunkan Berat Badan

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Di posting sebelumnya sudah dibahas mengenai tips mengatur pola makan untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan, sekarang mari kita membahas mengenai tips berolahraga untuk mengecilkan dan menurunkan berat badan.

Ada beberapa macam olahraga yang dapat dilakukan, antara lain :
- Latihan kardiovaskuler 30 sampai 45 menit perhari
  Contoh : sepatu roda, jogging, berjalan kaki, berenang, bersepeda atau treadmill
- Mengikuti latihan dansa dan aerobik tiga kali seminggu
- Melakukan latihan-latihan sebagai berikut :
* Crunch
Dalam posisi berbaring, tekuk lutut ( tidak sampai 90 derajat), tempatkan tangan bebas di belakang kepala. Rapatkan jari jari pada kedua tangan bersama-sama seperti ingin menarik kepala, posisikan tangan seperti ini selama latihan. Angkat kepala dan bahu beberapa inci dari lantai, badan tetap menempel di lantai, lalu rebahkan kembali badan dengan bahu tetap lurus secara perlahan lahan. Pada saat pertama kali latihan, ulangi gerakan ini semampunya lalu tingkatkan jumlahnya setiap 2 atau 3 hari.


Selain itu dapat juga melakukan reserve crunch dengan berbaring di lantai, namun kaki tetap lurus. Lalu angkat kepala dan bahu beberapa inci dari lantai dan angkat pinggul sampai kaki menunjuk ke arah langit-langit dan akan membentuk sebuah “L”. Tahan untuk beberapa menit, dan ulangi lagi sehari minimal 10 sampai 15 kali.




* Sit Up

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk sekitar 90 derajat dan telapak kaki datar di lantai. Silangkan lengan di depan dada atau tempatkan tangan di belakang kepala untuk meminimalkan ketegangan leher. Ketika berbaring, kencangkan otot perut dan kemudian dengan perlahan-lahan angkat kepala terlebih dahulu, diikuti oleh bahu, punggung sampai posisi duduk . Tahan dua detik dan turunkan kembali. Ambil nafas ketika badan turun dan buang nafas ketika badan naik. Ulangi untuk beberapa kali.





* Side bends
Latihan ini dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan barbel. Caranya berdirilah dengan melebarkan kaki selebar dengan bahu dan angkat kedua tangan lalu condongkan tubuh dari pinggang ke atas ke kanan atau kekiri. Jaga punggung tetap lurus. Kembalilah ke posisi berdiri. Lakukan beberapa pengulangan di satu sisi sebelum beralih ke sisi yang lain.










*Side plank
http://2.bp.blogspot.com/-KOFCQz0-bGQ/Tj9tirJusHI/AAAAAAAAGbY/OU8Z6IORjkM/s400/side-plank.jpg
Berbaring pada salah satu sisi tubuh, misalnya sisi kiri, topang badan dan kaki hanya dengan lengan bawah dan kaki, sehingga siku kiri terletak di bawah bahu kiri, dan tekuk pergelangan kaki 90 derajat, lengan bawah harus rata dengan lantai. Taruh kaki kanan di atas kaki kiri, dan lakukan kontraksi otot perut pada saat menekan lengan dan kaki kiri ke bawah untuk mengangkat badan dari lantai. Jaga tubuh tetap dalam garis lurus dari bahu ke pergelangan kaki, sebaiknya lakukan latihan di depan cermin untuk dapat melihatnya, tahan selama beberapa detik. Ulangi dengan sisi tubuh yang lain.

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment