Thursday, June 28, 2012

Seputar Alat Test Kesuburan

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Masa subur ( ovulasi ) adalah waktu dimana wanita mempunyai satu sel telur yang siap dibuahi oleh sperma.

Masa subur hanya berlangsung selama 24 jam setiap bulannya, karena umur sel telur hanya 24 jam. Bagi mereka yang mempunyai siklus mens 28 hari, masa suburnya adalah pada hari ke 14 mens dihitung dari hari pertama mens, namun waktu ini bisa bergeser maju atau mundur 3 hari.  


Masa subur penting diketahui untuk mereka yang menginginkan kehamilan atau ingin mencegah terjadinya kehamilan. Untuk mengetahui kapan tepatnya masa subur terjadi, dapat menggunakan alat test kesuburan yang dapat di beli di apotik. Fertitest adalah salah satu contoh merk alat test kesuburan. Alat test kesuburan mendeteksi terjadinya lonjakan kadar LH/ Luteinizing Hormon di urine, yang merupakan tanda akan munculnya masa subur.

Tips Melakukan Test Kesuburan
- Waktu untuk melakukan tes kesuburan tergantung pada panjang pendeknya siklus menstruasi (jumlah hari dihitung dari hari pertama mens bulan sebelumnya sampai hari pertama mens bulan berikutnya)
  • Siklus 21 hari : mulai test hari ke-6 mens
  • Siklus 28 hari : mulai test hari ke-11 mens
  • Siklus 35 hari : mulai test hari ke-18 mens
- Test mungkin perlu dilakukan beberapa hari bertutut-turut sampai diperoleh hasil positif
- Dilakukan pada sore atau malam hari

Cara Membaca Hasil Test Kesuburan :
  • Positif, berarti dalam masa subur, ditandai dengan munculnya dua garis warna/dua strip atau jika garis warna pada Daerah Tes (T) lebih gelap atau sama dengan garis Daerah Control (C) . Ovulasi akan terjadi dalam waktu 24-48 jam berikutnya, jadi jika menginginkan kehamilan, maka hubungan sebaiknya dilakukan 24-48 jam namun sebelum 48 jam dari waktu tes.
  • Negatif, berarti Masa tidak subur, ditandai dengan munculnya satu garis warna/ satu strip atau jika garis warna Daerah Tes (T) lebih muda dari garis warna Daerah Control (C ).
  • Jika garis warna tidak muncul berarti tes tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Ulangi dengan alat tes yang baru.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment