Sunday, November 4, 2012

Tips Liburan Sehat dan Aman

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Manusia memerlukan liburan untuk beristirahat melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari, melonggarkan stress atau mendekatkan kembali hubungan antara anggota keluarga yang bisa saja renggang karena kesibukan masing-masing.

Akan tetapi perlu diingat dalam suasana liburan kita harus tetap menjaga kesehatan dan tetap waspada agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.


Berikut ini tips agar saat liburan kondisi kesehatan anda dan keluarga tetap prima :

Rencanakan waktu dan acara liburan
Cari waktu yang tepat agar sebelum dan sesudah liburan kita masih mempunyai cukup waktu untuk beristirahat sebelum kembali memulai rutinitas harian, misalnya saat anak liburan sekolah. Selama liburan, jika berlibur bersama keluarga buat jadwal acara sesuai kebutuhan mulai dari daftar tujuan wisata/ tempat liburan, akomodasi seperti hotel, transportasi hingga rencana cadangan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Bisa juga mengikuti paket wisata/ paket liburan jika tidak mau repot.

Gunakan pelindung tubuh
Saat berada di luar ruangan, lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Pilih tabir surya yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, gunakan pula topi atau baju lengan panjang. Pemakaian kaca mata pelindung matahari, selain berguna melindungi mata dari debu, mengurangi kernyitan mata akibat silau, juga memperlambat proses katarak sesuai tingkat usia. Di tempat liburan tertentu gunakan pakaian atau lotion yang dapat melindungi anda dari gigitan serangga atau nyamuk.

Selektif memilih menu makanan
Jika makan di restoran cepat saji atau saat memesan makanan lewat room service, pilih menu sehat seperti salad dengan dressing rendah lemak, daging panggang bukan daging goreng, air mineral bukan minuman bersoda. Hindari kue-kue manis seperti donat saat sarapan di hotel. Pilih buah-buahan, sereal gandum atau muffin yang rendah lemak. Jika belum tahu seperti apa makanan yang akan di pesan jangan sungkan untuk bertanya kepada pelayan rumah makan.

Perhatikan diet
Tetap jaga porsi asupan makanan seperti biasa dan usahakan jadwal makan pun seperti biasanya. Di tempat liburan biasanya godaan untuk makan atau ngemil besar sehingga kita tidak memperhatikan komposisi gizi dan porsinya, yang mana ini bisa membuat pencernaan berantakan dan keseimbangan kesehatan terganggu. Usahakan membawa cemilan buatan sendiri saat berpergian. Pilih yang mudah dibawa dan yang sehat seperti buah-buahan, kacang, cracker gandum.

Minum air yang cukup
Setidaknya pastikan minum delapan gelar air per hari. Batasi konsumsi alkohol terutama jika mengendarai kendaraan atau sedang berenang.

Jadwal teratur
Atur agar acara dalam liburan tidak mengganggu gaya hidup sehat, seperti olahraga di pagi hari, sarapan sebelum berwisata, tidur yang cukup dan makan makanan bergizi agar sistem kekebalan tubuh kita terjaga/ tidak mudah terserang penyakit. Jika perlu konsumsilah suplemen/ vitamin.

Sediakan obat-obatan
Siapkan obat-obatan seperti obat diare, obat demam, obat pusing, obat muntah, obat luka, minyak kayu putih dll di tempat yang mudah dibawa-bawa. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu misal jantung, diabetes, hipertensi, maag, pastikan membawa obat tersebut dalam jumlah yang cukup. Perhatikan jadwal minum obat tersebut.

Tetap menjaga kebersihan
Sering-seringlah mencuci tangan, konsumsi makanan dan minum air yang terjamin kebersihannya, agar tubuh terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh makanan kotor seperti diare dan cacingan. Hindari membeli makanan di sembarang tempat, pilih tempat makan yang diyakini kebersihannya. Jangan menyentuh binatang yang anda tidak kenal dengan baik.

 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

Obat Herbal Tumor Jinak Di Leher said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment