Sunday, December 30, 2012

Tips Bila Disengat/ Digigit Lebah/ Tawon

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Lebah/ tawon merupakan hewan yang termasuk sering menyengat manusia. Sengatan/ gigitan lebah/ tawon sebenarnya tidak terlalu bahaya "hanya" dapat menyebabkan reaksi lokal seperti kulit memerah atau bengkak dan rasa nyeri. Namun bila korban alergi terhadap sengatan lebah/ tawon, maka dapat memicu reaksi anafilaktik yang dapat mengancam jiwanya dan harus segera mendapatkan pertolongan medis.


Pertolongan pertama yang dapat diberikan pada korban sengatan/ gigitan lebah/ tawon adalah :
  • Segera jauhi sarang lebah/ tawon untuk mengindari sengatan lebah/ tawon lainnya.
  • Pada saat lebah/ tawon  menyengat, biasanya sengatnya masih menancap. Cabut segera sengat menggunakan pisau yang bersih. Jangan gunakan kuku atau pinset dan jangan dipencet karena dapat menyebabkan racun semakin masuk ke dalam tubuh.
  • Cuci bagian tubuh yang tersengat dengan sabun dan air atau dengan larutan garam inggris.
  • Kompres bagian tubuh yang terkena sengat dengan kompres air dingin atau es untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun juga untuk mengurangi bengkak, rasa nyeri dan gatal.
  • Oleskan salep anti histamin yang dijual bebas di apotik atau oleskan lotion seperti kalamin/ caladine untuk mengurangi rasa gatal/ tak nyaman.
  • Untuk menghilangkan rasa sakit, minum Paracetamol atau Ibuprofen sesuai dengan dosisnya.
  • Bawa segera korban ke dokter/ UGD jika setelah sengatan timbul tanda-tanda reaksi anafilaktik seperti gatal, kemerahan, dan bengkak di seluruh badan atau sulit bernapas. Demikian pula halnya jika korban tersengat lebih dari sepuluh ekor lebah atau tersengat di bagian mulut, hidung, atau tenggorokan.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment