Saturday, January 5, 2013

Tips Sehat Menggunakan Alat Masak Dari Teflon

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Sebagian besar kaum wanita memilih menggunakan berbagai macam alat masak yang terbuat dari teflon untuk memasak. Hal ini disebabkan karena lapisan anti lengket pada teflon yang memudahkan proses memasak, penggunaan minyak goreng yang lebih sedikit dan mudah untuk dibersihkan.

Namun dibalik keunggulannya, lapisan anti lengket pada teflon yaitu Polytetrafluoroethylene dapat  membahayakan kesehatan jika terkelupas dan serpihannya tercampur dalam makanan. Oleh karena itu silahkan ikuti tips sehat menggunakan alat masak dari teflon berikut ini :
  • Selalu gunakan pengaduk masakan atau spatula yang terbuat dari kayu halus atau pengaduk khusus untuk peralatan teflon, jangan gunakan pengaduk yang terbuat dari bahan logam seperti aluminium, besi, karena dapat menggores permukaan teflon.
  • Gunakan peralatan dari teflon hanya untuk memasak dengan api suhu rendah hingga suhu sedang. Suhu di atas 250 derajat celsius dapat membuat senyawa kimia teflon menguap dan menjadi racun.
  • Jangan langsung menyiram air pada teflon panas yang baru selesai dipakai karena dapat membuat lapisan teflon mengelupas. Diamkan teflon hingga dingin, baru kemudian dicuci menggunakan sabun pencuci piring cair dan spons pencuci piring yang lunak.
  • Setelah permukaan teflon kering, lapisi dengan minyak goreng baru agar pemukaannya tetap lembab. Tuang minyak pada kain bersih lalu oleskan pada permukaan teflon.
  • Peralatan dari teflon sebaiknya digantung agar tidak bergesekan dengan peralatan masak lainnya. Menumpuk peralatan teflon di atas peralatan logam dapat menggores permukaannya.
  • Jika sudah terdapat banyak goresan pada permukaan teflon, apalagi sampai mengelupas, segera buang dan ganti dengan peralatan teflon yang baru.
Sumber : www.vemale.com

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment