Friday, January 25, 2013

Istilah Kedokteran Seputar Tumor & Kanker

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Seringkali sebagai masyarakat awam, kita tidak mengerti istilah kedokteran yang kita dengar atau baca sehari-hari. Oleh karenanya untuk masyarakat umum dan siapa saja yang ingin memahami berbagai istilah/ terminologi kedokteran yang ditemukan dalam artikel, buku dan berita kesehatan saat ini, penulis mencoba merangkumkannya dalam bahasa yang ringkas dan mudah dipahami.

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah kedokteran yang berhubungan dengan tumor dan kanker :
  • Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan jaringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Jika jenis tumor yang berkembang adalah jenis yang ganas, maka bisa saja sel kanker telah ditemukan pada pertumbuhan tumor tersebut.
  • Kanker adalah istilah untuk segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, dan bahkan menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker.
  • Stadium kanker adalah tahap perkembangan kanker (biasanya dengan angka I sampai IV) menurut tingkatan penyebaran kanker di dalam tubuh. Kriteria untuk penahapan meliputi: ukuran tumor, tingkat penetrasi jaringan, apakah telah menyerang organ-organ yang berdekatan dan berapa banyak getah bening yang terpengaruh.
  • Kanker sporadis adalah kanker yang berkembang dari perubahan acak dalam sel-sel tubuh selama hidup seseorang. Perubahan ini dapat disebabkan oleh racun lingkungan seperti tembakau. Kebanyakan kanker (90 – 95%) adalah sporadis.
  • Karsinogen adalah zat, radionuklida atau radiasi, yang merangsang pembentukan kanker atau agen langsung yang terlibat dalam menyebabkan kanker.
  • Karsinogenesis adalah pembentukan sel-sel kanker dari sel normal.
  • Karsinoma adalah neoplasma ganas yang berasal dari sel epitel 
  • Kemoterapi adalah terapi kanker yang melibatkan penggunaan zat kimia ataupun obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh/ menghabisi sel-sel kanker dengan cara meracuninya.
  • Kemoterapi topikal adalah kemoterapi yang diberikan sebagai krim atau lotion pada kulit untuk membunuh sel kanker.
  • Kemoterapi sistemik adalah kemoterapi yang diambil melalui pil atau suntikan jarum ke pembuluh darah atau otot.
  • Kemoterapi neoajuvan adalah penggunaan obat-obatan pendahulu untuk mengobati / mengecilkan kanker primer, sehingga perawatan tambahan lebih efektif.
  • Penanda tumor/ tumor marker adalah zat kimia yang ditemukan dalam jumlah meningkat dalam cairan tubuh beberapa pasien kanker. Kehadiran suatu penanda tumor dalam darah dapat menjadi indikasi bahwa kanker hadir dalam tubuh.
  • Tumor maligna adalah sebuah tumor yang terdiri dari sel-sel kanker dari jenis yang dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.
  • Tumor karsinoid adalah kanker tumbuh lambat yang dapat timbul di beberapa tempat di seluruh tubuh Anda. Tumor karsinoid, yang merupakan salah satu anggota kelompok tumor neuroendokrin, biasanya muncul di saluran pencernaan (usus buntu, lambung, usus kecil, usus besar, rektum) dan paru-paru.
Sumber : www. kamuskesehatan.com 
               www.doktersehat.com
               www.cancerhelps.com
             
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment