Monday, January 28, 2013

Tips Cara Menghilangkan Bau Badan

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Memiliki bau badan yang menyengat tentunya sangat mengganggu di dalam pergaulan sehari-hari dan dapat membuat orang menjauhi kita, sehingga menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri.

Bau badan disebabkan adanya bakteri yang berkembang di tubuh, terutama di ketiak dan bagian tubuh lainnya yang mudah berkeringat. Keringat yang bercampur dengan bakteri inilah yang dapat menyebabkan timbulnya bau badan menyengat.

Bagaimana cara mengatasi masalah bau badan tersebut? Silahkan ikuti tips cara menghilangkan bau badan berikut ini :
  • Mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun anti septik dan keringkan tubuh dengan benar.
  • Gunakan pakaian yang bersih dan bila memungkinkan segera ganti pakaian yang telah basah karena keringat.
  • Gosok tubuh dengan scrub. Penggunaan scrub dua kali seminggu berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati terutama pada ketiak. Dengan hilangnya sel-sel kulit mati maka ketika kita berkeringat bakteri tidak akan tertahan di sel-sel kulit mati tersebut.
  • Hilangkan bulu ketiak. Bulu ketiak yang panjang dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Karena itu, kita perlu mencabut atau mencukurnya. Jika dicukur, lebih praktis namun bulu ketiak akan tumbuh lebih tajam. Sementara jika dicabut, waktunya lebih lama dan terkadang menimbulkan rasa sakit namun bulu ketiak akan tumbuh lebih alami, lebih lembut, dan tidak gatal. Bagi yang memiliki bulu ketiak yang cenderung lebat, sebaiknya dicukur. Perlu dingat, baik dicukur maupun dicabut, alat yang digunakan haruslah bersih untuk mencegah terjadinya infeksi.
     photo banner_kk_125x125.gif
  • Gunakan deodorant atau antiprespirant. Deodorant berguna untuk menyerap keringat dan mengurangi bau badan karena mengandung senyawa anti bakteri. Sedangkan antiprespirant berguna untuk mempersempit pori sehingga mengurangi keluarnya keringat. Untuk mereka yang memiliki keringat berlebih ( baju dibagian ketiak sering basah ) sebaiknya memakai antiprespirant. Deodorant dan anti prespirant paling tepat digunakan sehabis mandi. Biarkan deodorant kering di ketiak, baru gunakan pakaian agar tidak ada sisa deodorant yang menempel pada pakaian. Jika anda banyak beraktifitas dan merasa bau badan mulai muncul kembali, sebaiknya mandi dahulu sebelum menggunakan deodorant kembali atau jika tidak memungkinkan untuk mandi, bersihkan dahulu ketiak dengan menggunakan tissue basah, lalu keringkan dengan tissue kering baru gunakan kembali deodorant atau antiprespirant.
  • Konsumsi makanan kaya zat besi. Pada penelitian, kekurangan zat besi ternyata dapat meningkatkan bau badan pada pria. Jadi mulailah konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, kangkung, bayam, kismis atau telur.
  • Hindari/ batasi konsumsi makanan tertentu yang dapat menimbulkan bau badan seperti kopi, teh, soda, bawang.
  • Untuk menghilangkan bau badan secara tradisional yang terbukti cukup ampuh, dapat menggunakan daun sirih. Caranya rendam beberapa lembar daun sirih di air panas, lalu minum airnya setiap hari sampai bau badan berkurang. Atau haluskan daun sirih dan campur dengan kapur, lalu oleskan pada ketiak. Atau bisa pula dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi.
 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

Willy said...

Bisa untuk referensi mengenai cara buat ngilangin bau badan seperti makan sayur-sayuran. . mantap buat pembahasannya

Post a Comment