Thursday, January 10, 2013

Tips Pertolongan Pertama Jika Digigit Ubur-Ubur Laut

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Gigitan ubur-ubur laut dapat menyebabkan bagian tubuh yang terkena gigitan akan terasa panas dan memerah, timbul ruam pada kulit dan kadang disertai rasa mual bahkan muntah. Jika anda mengalami alergi terhadap gigitan ubur-ubur laut maka dapat menyebabkan anda shock bahkan pingsan. Berikut ini adalah tips pertolongan pertama jika digigit ubur-ubur laut :
  • Lapisi bagian tubuh yang terkena gigitan dengan kain lalu gunakan penjepit untuk mengambil tentakel yang menempel pada tempat gigitan.
  • Segera cuci dari daerah sengatan dengan air laut, menggunakan air tawar dapat menyebabkan sengatan makin menjadi. Kemudian, bilas daerah sengatan dengan cuka/ asam asetat konsentrasi 4-5% untuk menetralkan sengatan di kulit, atau bisa juga dengan campuran air dan soda kue.
  • Celupkan atau guyur area yang terkena gigitan ubur-ubur ke dalam air panas 40-45⁰C selama 90 menit untuk menginaktivasi racun sekaligus mengurangi nyeri.
  • Jika ada tanda-tanda shock segera perhatikan korban sebaik-baiknya dan jika korban pingsan atau tidak ada tanda-tanda perbaikan segera bawa ke dokter.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment