Monday, February 25, 2013

Tips Cara Penggunaan Tensimeter


Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Dengan mengetahui berapa tekanan darah kita, kita dapat menilai apakah tekanan darah/ tensi darah kita normal atau tidak. Tensi darah normal manusia dewasa adalah 100-130 mmHg untuk tekanan sistolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik.

Tekanan sistolik adalah tekanan darah pada saat terjadi kontraksi otot jantung. Tekanan diastolik adalah tekanan darah saat jantung sedang relaksasi/ beristirahat. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika tekanan darah/ tensi darahnya diatas 140/90mmHg. Dan dikatakan menderita tekanan darah rendah jika tekanan darah/ tensi darahnya di bawah 90/60mmHg.

Alat Tensimeter ada 3 macam :
  • Tensimeter air raksa
  • Merupakan tensimeter konvensional yang sebenarnya sudah jarang dipakai di luar negeri, karena tensimeter ini masih menggunakan air raksa yang berbahaya jika sampai alat pecah dan air raksa terkena kulit atau saluran pernafasan. Tensimeter jenis ini memerlukan stetoskop untuk mendengar munculnya bunyi suara tekanan sistolik dan diastolik pada jantung.
  • Tensimeter aneroid
  • Tensimeter ini lebih aman karena tidak lagi menggunakan air raksa tetapi menggunakan putaran berangka sebagai penggantinya. Sama dengan tensimeter air raksa, tensimeter aneroid masih menggunakan stetoskop.

  • Tensimeter digital
  • Merupakan tensimeter yang lebih modern dan akurat, langsung menunjukan hasil dalam bentuk angka. Berbeda dengan tensimeter air raksa yang memerlukan stetoskop untuk mendengarkan suara sebagai pertanda tekanan sistolik dan siastolik, maka tensimeter digital menggunakan sensor sebagai alat pendeteksinya sehingga baik dipakai untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran. Tensimeter digital ada 2 jenis, yaitu yang harus memompa sendiri untuk mencapai batas pemompaan ( jenis 1 )dan yang memompa secara otomatis ( jenis 2 ).
Jenis 1
Jenis 2 



Tips cara penggunaan tensimeter :
  • Duduklah dengan lengan telanjang, boleh menggunakan baju lengan pendek atau lengan panjang yang digulung keatas. perhatikan gulungan lengan baju, jangan terlalu ketat.
  • Letakkan lengan secara bebas diatas meja, dengan posisi lengan sama tinggi dengan jantung.
  • Pasang manset di lengan kira-kira 2,5 cm dari siku.
  • Pastikan pemasangan manset tidak terlalu ketat. Beri jarak setinggi 2 jari antara manset dan lengan.
  • Beri tekanan pada manset dengan memompa atau dengan memencet tombol on off pada tensimeter digital jenis 2.
  • Hentikan pemompaan, maka tekanan pada manset akan berkurang dan darah bisa mengalir lagi ke lengan bawah. Pada tensimeter yang menggunakan stetoskop bunyi/ detak nadi yang pertama kali muncul adalah tekanan sistolik dan bunyi/ detak nadi yang terakhir kali terdengar adalah tekanan diastolik. Pada tensimeter digital, hasilnya akan keluar secara otomatis pada layar.
  • 30 menit sebelum melakukan pengukuran jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat, jangan merokok, jangan minum-minuman yang berkafein seperti kopi, teh, coca-cola dan jangan konsumsi obat-obatan yang mengandung kafein, seperti Panadol extra, Paramex.
  • Sebelum melakukan pengukuran duduklah dengan tenang selama 5 menit, jangan stress.
  • Selama melakukan pengukuran tekanan darah dengan tensimeter, jangan berbicara.
  • Lakukan pengukuran 2-3 kali, dengan selang minimal 2 menit, dan hitung rata-rata hasilnya.
  • Untuk penderita hipertensi, perlu dilakukan pemeriksaan tensi darah setiap hari untuk mengetahui efek obat antihipertensi yang diminum. Lakukanlah pengecekan pada waktu yang sama setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

3 komentar:

tensimeter digital said...

apakah perbedaan tensimeter air raksa dengan aneroid hanya di air raksa saja?
bisa dijelaskan lebih detail?
karena saya membutuhkan informasi tentang tensimeter
terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

Agak tidak setuju kalau digital lebih akurat dari air raksa.karena keakuratan tensi itu diukur dari ukurannya sudah memnuhi kurang lebih 3mmhg. Dan keakuratan tensi diatur dengan cara pemasangan maupun kondisi pasien sendiri. Jadi mau digital ataupun konvensional tapi cara pemasangan salah ya akan berbeda hasilnya. Sumber pengalaman praktek & saran dokter dokter yg lebih berpengalaman. Terima kasih

Anonymous said...

Terima kasih artikelny,, baca" n Cari postingan seputar kimia, Salam Kenal ya, By : Kimia tambang emas

Post a Comment