Sunday, March 17, 2013

Pasang Gigi Kawat/ Behel Gigi dan Tips Merawat Gigi Yang Menggunakan Kawat Gigi/ Behel Gigi

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Gigi yang normal akan tersusun rapi pada tempatnya, namun sebagian orang memiliki gigi yang tumbuh tidak beraturan atau gangguan gigi lainnya, sehingga mereka perlu untuk menggunakan kawat gigi atau behel untuk merapikan giginya.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan ilmu kedokteran, kawat gigipun terus berevolusi. Ada beberapa macam behel atau kawat gigi sekarang ini. Untuk memutuskan jenis apa yang akan di pakai, hanya dokter gigi yang dapat menentukannya dan menetapkan prosedurnya agar pilihan anda tepat dan sesuai dengan gigi anda. Selain itu, dokter gigi akan menggunakan bahan-bahan yang baik, tidak berbahaya bagi tubuh pasien dan efektif dalam pemakaiannya.

Perlu diingat penggunaan behel/ kawat gigi merupakan suatu perawatan ortodonti bersifat jangka panjang dan sangat kompleks, sehingga sepanjang perawatan mungkin saja terjadi beberapa perubahan rencana perawatan karena tingkat kesulitan kasus tersebut dan respon di dalam rongga mulut pasien tidak sesuai.

Kesimpulannya, memakai kawat gigi atau behel itu bukan hanya memakainya saja, namun anda perlu merawatnya dan mengkonsultasikan secara teratur ke dokter gigi. Berikut ini tips merawat gigi yang menggunakan behel :

1. Sikat gigi 3 kali sehari  dengan menggunakan sikat gigi khusus untuk pengguna kawat gigi
Sikat gigi khusus ini bentuknya lebih kecil dari sikat gigi biasa dan bulu sikatnya halus. Sikat gigi dilakukan setelah sarapan, setelah makan siang dan sebelum tidur malam. Lakukan dengan cara gerakan memutar kecil pada permukaan gigi depan, samping kiri dan kanan. Bagian atas (oklusal) gigi disikat dengan gerakan maju mundur. Sedangkan untuk bagian gigi yang menghadap langit-langit dan lidah disikat dengan gerakan menarik keluar. Tidak lupa bersihkan lidah anda dengan alat khusus pembersih lidah.
 
gigi1



2. Gunakan juga sikat gigi tambahan untuk sela sela gigi, karena mereka yang menggunakan behel biasanya karang giginya terbentuk lebih cepat. Contohnya : proxabrush atau interdental toothbrush yang akan memudahkan penyikatan diantara gigi dan kawat gigi.
 
gigi2



3.    Gunakan benang gigi sebagai tambahan untuk membersihkan sela-sela gigi.

 

gigi3


4. Setelah sikat gigi, berkumurlah dengan obat kumur supaya semua bakteri di dalam mulut mati dan untuk mencegah timbulnya plak. Akan tetapi perlu diingat penggunaan obat kumur tidak boleh terus-menerus dalam waktu yang lama.

5. Lakukan pemeriksaan dan pembersihan berkala ke dokter gigi, untuk melihat apakah masih ada plak atau sisa bahan perekat kawat gigi yang masih belum hilang.

6. Mereka yang menggunakan kawat gigi atau behel gigi, biasanya akan lebih sering terkena sariawan karena tergores oleh behel. Untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan konsumsi vitamin C juga Kalsium dan vitamin D yang cukup karena sangat di butuhkan oleh gigi.

7. Hindari makanan yang terlalu keras karena akan mengacaukan proses penggeseran gigi, dan juga dapat melepas bracket behelnya.

8. Jangan sekali-kali melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah di pasang oleh dokter gigi karena akan menyebabkan berubahnya susunan gigi yang sudah ditentukan dan jangan mengutakatik sendiri bracket yang lepas atau kawat yang menusuk gigi, hubungi dokter gigi untuk menanggulanginya,

Demikian tips Cara Merawat Gigi Yang Menggunakan Behel, Semoga bermanfaat.
Sumber : kompas.health.com
 photo belajarinternetdinsan.gif

2 komentar:

Obat Sakit Maag Kronis said...

Terima asih atas infromasi yang sdah disampaikan sangat menarik sekali gan !
ditunggu ja kunjungan bailknya

Mikha Aylasari said...

tips mantap...
btw ada yang tahu belinya sikat gigi behel?

Post a Comment