Monday, August 23, 2010

Tips Sehat Berpuasa

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Untuk umat muslim setiap tahunnya pasti akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sewaktu berpuasa kita butuh strategi, supaya tubuh tidak lemas/ loyo di siang dan sore hari dan yang paling penting bagaimana menjaga berat badan agar turun dan bukannya naik selama bulan puasa.

Berikut beberapa tips puasa yang bisa anda ikuti :
> Bagi anda yang menderita penyakit kronis, misalnya hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi atau asma, kunjungi dokter sebelum memasuki bulan puasa, dan pastikan anda mendapat izin untuk berpuasa berdasarkan kondisi kesehatan anda selama 1-2 bulan terakhir.
> Sediakan obat untuk penyakit kronis anda dalam jumlah yang cukup di rumah.
Bila perlu catat nomor telepon apotik langganan anda dan apotik yang buka 24 jam, sekiranya anda tiba-tiba membutuhkan obat di waktu sahur.
>Minum obat untuk penyakit kronis anda secara teratur. Jangan mencoba mengurangi dosisnya.
>Jika anda penderita maag ikuti tips ini.
>Bangunlah untuk sahur lebih dini agar tidak tergesa-gesa menyelesaikan makan sebelum imsak tiba. Makan yang tergesa-gesa akan menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik.
>Makan sahur sebaiknya terdiri dari 4 sehat 5 sempurna, sehingga anda mempunyai cukup energi untuk bertahan hingga waktunya berbuka.
> Usahakan minum air putih setidaknya 2 gelas sewaktu sahur.
> Sewaktu sahur minumlah sebutir multivitamin yang setidaknya mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, dan Kalsium.
>Menjelang imsak, selain menggosok gigi, berkumurlah dengan obat kumur antiseptik, agar kesegaran rongga mulut anda terjaga dengan baik. Jika perlu berkumurlah kembali di siang hari untuk menghilangkan kuman-kuman yang sudah berkembangbiak di rongga mulut anda.
>Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok membuat aliran darah lebih lancar, sehingga anda dapat merasa lebih segar dan tidak selalu mengantuk.
>Berbukalah dengan segelas air putih terlebih dahulu untuk membasahi dan menyiapkan seluruh saluran pencernaan anda yang selama 13 jam terakhir bersih dari lalulintas makanan dan minuman. Lanjutkan dengan makanan atau minuman yang kaya akan karbohidrat sederhana, seperti kurma, kolak atau sirup agar kadar gula di dalam darah segera kembali normal.

Sumber Bulletin CHC
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment