Monday, March 14, 2011

Penyakit & Obat Cacar Air

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

    Cacar air adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit cacar biasanya menyerang anak-anak usia 5-9 tahun. Apabila seseorang terkena cacar air di usia dewasa, biasanya infeksinya lebih parah bahkan bisa berakibat fatal. Begitupun bila wanita hamil terkena penyakit ini, bayinya dapat mengalami cacat fisik atau kerusakan syaraf. Sekali terkena cacar air maka kita akan kebal seumur hidup terhadap penyakit ini.

    Tanda dan Gejala Penyakit Cacar Air :
    - Demam, sakit kepala, lemah, tidak nafsu makan.
    - Hidung berair dan batuk kering.
    - 1-2 hari setelah demam, muncul bintik-bintik merah yang sangat gatal dan berisi air.
    - 3-4 hari kemudian bintik-bintik merah berisi air tersebut timbul semakin banyak dan menyebar ke seluruh tubuh.
    - Jika diobati atau dengan berjalannya waktu, bintik-bintik merah tersebut akan pecah atau mengempis karena airnya diserap kembali oleh tubuh. Jika bintik-bintik merah tersebut digaruk atau dikelupas dengan paksa, maka dapat tejadi infeksi bakteri, yang ditandai dengan munculnya nanah.

    Photobucket

    Tips Untuk Penderita Penyakit Cacar Air :
    - Beri obat penurun demam untuk menurunkan suhu tubuh pada saat demam, beri obat pilek dan batuk untuk mengobati pilek dan batuknya.
    - Pada saat demam mandi dengan air hangat.
    - Ketika bintik-bintik merah dan rasa gatal timbul, mandilah dengan air dingin, hal ini berguna untuk mengurangi keinginan untuk menggaruk dan membuat tubuh lebih nyaman. Tidak benar pendapat yang menyatakan bila sedang terkena cacar air, tidak boleh mandi, karena virus akan tetap menyebar jika penderita mandi atau tidak. Dengan mandi 2-3 kali sehari, justru mengurangi resiko infeksi sekunder oleh bakteri pada kulit.
    - Selain mandi setiap hari, jangan lupa untuk mengganti baju pula setiap mandi, ganti seprai minimal 3 hari sekali.
    - Setelah mandi oleskan Caladine lotion untuk mengurangi rasa gatal.
    - Makanlah makanan yang bergizi, karena jika daya tahan tubuh meningkat maka proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat.
    - Habiskan obat anti virus yang diberikan oleh dokter, biasanya obat yang diberikan adalah acyclovir dengan dosis yang disesuaikan dengan umur penderita penyakit cacar air.

     photo belajarinternetdinsan.gif

    0 komentar:

    Post a Comment