Thursday, May 5, 2011

Tips Bagi Penderita Penyakit Asam Urat/ Gout

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Seseorang dikatakan terkena penyakit asam urat/ gout apabila kadar asam urat di dalam darahnya lebih tinggi dari 7mg/dL. Asam urat sendiri merupakan hasil samping yang terbentuk dari pemecahan senyawa purin.

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan karena ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas melaui urine. Sedangkan sebagian kecil lainnya disebabkan karena tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat.

Tingginya kadar asam urat di dalam darah akan mengakibatkan asam urat mengkristal ( kristalnya berbentuk tajam seperti jarum ) dan mengendap di persendian atau jaringan di sekitarnya. Endapan kristal tajam ini akan menimbulkan rasa panas dan nyeri yang hebat yang disertai dengan bengkak kemerahan. Rasa nyeri  biasanya memburuk pada tengah malam dan pagi hari setelah bangun tidur.

Bagian tubuh yang paling sering diserang adalah jempol kaki, namun sering pula menyerang sendi-sendi yang banyak mendapat tekanan pada saat berjalan, misalnya tumit, pergelangan kaki, lutut, juga pergelangan dan jari tangan serta siku.

Pria biasanya lebih rentan terhadap penyakit asam urat dibandingkan wanita, tetapi kerentanan akan meningkat pada wanita setelah menopause. Penderita penyakit asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti hipertensi, diabetes, penyakit ginjal dan obesitas/ kegemukan. Bila dibiarkan penyakit asam urat akan menyebabkan terjadinya batu ginjal yang akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal.

Tips Untuk Penderita Penyakit Asam Urat :
1. Hindari makanan yang mengandung purin tinggi, yaitu :
- Jerohan, otak, ginjal, jantung, hati, usus, babat, paru kambing/domba/sapi/ ayam.
- Ikan sarden, mackerel, salmon, teri, udang, kepiting, kerang
- Sayur bayam, kangkung, kembang kol, buncis, daun melinjo, jamur kuping.
- Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, biji melinjo termasuk emping, kacang kedele termasuk makanan olahannya: tempe, tahu, oncom, tauco juga susu kedelai.
- Daging sapi, kambing, bebek, ayam
2. Hindari minuman dan makanan berfermentasi seperti alkohol, whisky, bir, tuak, tape.
3. Minum air putih 6-8 gelas sehari untuk membantu mengencerkan asam urat didalam darah dan urin.
4. Perbanyak makan makanan yang sehat, misalnya sayuran ( terkecuali yg disebutkan diatas ), buah yang banyak mengandung air,  roti, nasi, cereal.
5. Segera ke dokter, biasanya dokter akan memberikan obat asam urat yaitu pereda nyeri dan bengkak seperti voltaren, piroxicam, ibuprofen dll. Minum obat ini selam 5-7 hari, setelah itu baru dilanjutkan dengan meminum obat yang bertujuan menurunkan kadar asam urat seperti allupurinol.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment