Sunday, May 6, 2012

Tips Pemakaian Kontak Lensa

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Dua alasan penggunaan lensa kontak yang sering kita dengar adalah karena faktor kebutuhan dan faktor penunjang penampilan.

Untuk mereka yang penglihatannya sudah tidak optimal tapi kurang nyaman menggunakan kacamata, penggunaan lensa kontak adalah suatu kebutuhan. Sedangkan untuk mereka yang menginginkan mata terlihat lebih menarik dengan pilihan warna-warna cantik lensa kontak, penggunaan lensa kontak adalah sebagai penunjang penampilan.
Bagi anda pengguna lensa kontak, baik karena faktor kebutuhan maupun faktor penampilan, perhatikan tips pemakaian kontak lensa yang benar berikut ini, karena penggunaan lensa kontak secara sembarangan bisa menyebabkan infeksi ringan hingga kebutaan.

Tips Pemakaian Kontak Lensa Yang Benar :

- Pastikan memilih lensa kontak yang sesuai dengan mata anda. Hindari membeli lensa kontak tanpa memeriksa kondisi mata. Menggunakan lensa kontak yang tepat adalah langkah pertama untuk melindungi mata. 

- Ikuti saran dan petunjuk pemakaian yang direkomendasikan oleh optician anda dan petunjuk dari pabrik. Tanyakan kepada optician  jika mata menjadi merah, sakit atau penglihatan buram setelah pemakaian kontak lensa.

- Selalu cuci tangan dengan sabun dan air lalu keringkan sebelum memegang lensa kontak. Walau terlihat bersih, belum tentu tangan bebas dari kuman dan bakteri. 

- Hindari mencuci lensa kontak dengan air kran karena air kran mengandung mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan mata. 

- Setelah melepas lensa kontak, segera bersihkan dan cuci lensa kontak dengan mengunakan cairan pembersih khusus lalu rendam dalam cairan perendam. Jangan lupa mengganti cairan perendam lensa kontak setiap hari. Kebiasaan yang keliru dan berisiko adalah mencuci lensa kontak hanya saat akan dipakai. Jadi setelah dipakai, lensa kontak langsung disimpan dalam cairan perendam, tanpa dicuci lebih dahulu. Kebiasaan yang keliru ini menyebabkan terjadinya pembiakkan kuman di cairan perendam lensa kontak. 

- Selalu periksa lensa kontak agar tidak terbalik sebelum memakainya, biasakan mulai dengan lensa kontak mata yang kanan agar tidak tertukar.

- Jangan menggosok mata bila sedang memakai lensa kontak.

- Pakailah lensa kontak sebelum make-up dan lepaskan sebelum menghapus make-up.

- Jangan tidur memakai lensa kontak, jangan memakai lensa kontak pada saat mandi atau berenang kecuali bila memakai kacamata renang dan jangan pakai kontak lensa milik orang lain.
- Pastikan lensa kontak basah setiap saat, baik didalam mata ( dengan menggunakan tetes mata khusus kontak lensa ) atau ketika disimpan didalam tempat lensa kontak.

- Bersihkan tempat lensa kontak setiap setelah pemakaian dengan larutan pembersih dan ganti setiap 3 bulan sekali.

- Umumnya lensa kontak aman dikenakan selama delapan jam, lebih dari itu mata berpotensi kekurangan oksigen. Sebaiknya segera lepas dan cuci kontak lensa, baru pakai kembali.

- Hindari terkena paparan asap, polusi dan angin karena bisa menyebabkan masalah pada lensa kontak sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Jika hal ini terjadi, cucilah lensa kontak untuk mengembalikan kelembabannya.

- Pastikan memiliki sepasang kacamata cadangan.

- Jangan memakai lensa kontak  jika mata sedang merah, sakit atau penglihatan buram.

- Jangan meletakkan lensa kontak di atas televisi atau diatas alat yang hangat atau panas. 

- Lakukan pemeriksaan mata 12 bulan sekali atau sesuai anjuran optician anda.

- Perhatikan masa kadaluwarsa lensa kontak. Segera ganti dengan yang baru jika lensa kontak sudah rusak atau sudah kadaluwarsa. Karena semakin lama lensa kontak dipakai akan terjadi penumpukan protein dan lipid dari air mata. Risiko lainnya adalah alergi kronis disebut giant papillary conjungtivis yang dapat menyebabkan anda tak lagi bisa menggunakan lensa kontak

 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment