Monday, April 15, 2013

Tips Aman Makan Mie Instan Dan Cara Masak Mie Instan Yang Benar

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Mie instan merupakan salah satu makanan kegemaran banyak orang terlebih anak-anak. Selain karena rasanya yang enak dan gurih, cara pembuatannya pun termasuk cepat. Akan tetapi mie instan tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering, karena walaupun terbuat dari bahan dasar tepung, terigu, telur, air dan mineral serta dilengkapi bumbu dan minyak sayur, yang berarti pada mie instan ada kandungan nutrisinya, tetapi jumlahnya jauh dari standar untuk memenuhi angka kebutuhan gizi.

Selain itu mie instan mengandung bahan pengawet dan pewarna yang sulit diuraikan di dalam tubuh, sehingga sulit pula untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Melalui sistem pembuangan manusia, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar empat hari untuk mengeluarkan bahan pengawet ke luar tubuh. Sehingga apabila bahan pengawet dan pewarna terlalu sering dikonsumsi maka zat tersebut akan mengendap di dalam tubuh dan akhirnya bersifat karsinogenik atau menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker.

Supaya aman makan mie instan, ikuti tips cara masak mie instan yang benar berikut ini :
  • Konsumsi mie instan paling banyak 4-5 hari sekali agar bahan pengawet dari mie instan yang kita konsumsi sebelumnya sudah dikeluarkan dari dalam tubuh.
  • Tambahkan sayuran dan protein hewani seperti telur, ayam atau udang ke dalam mie instan agar terpenuhi kebutuhan gizi dari tubuh.
  • Buang air rebusan pertama dari mie instan ketika memasak mie instan. Hal ini dilakukan untuk membuang pengawet dari mie instan. Setelah itu barulah tambahkan air hangat/ mendidih ke dalam mie instan.
  • Sebaiknya tidak menggunakan bumbu bawaan dari mie. Gunakan bumbu buatan sendiri. Atau, kurangi penggunaan bumbu mi instan, cukup pakai separuhnya saja. Jika kurang asin tambahkan garam. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisasi masuknya pengawet ke dalam tubuh kita.
  • Tambahkan bumbu dan minyak sayur bawaan mie instan di mangkuk saji, jadi bukan saat di masak di atas api kompor.
  • Perhatikan tanggal kadaluwarsa, komposisi, kemasannya tidak cacat atau robek dan warnanya tidak pudar. Sebab jika kemasan cacat atau robek, berbagai macam serangga dapat mengkontaminasi mie instan tersebut.
Demikianlah tips aman makan mie instan dan tips cara masak mie instan yang benar.
 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

oxone said...

terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.

Post a Comment