Sunday, September 11, 2011

Cara Perawatan Kulit

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Kulit merupakan bagian terbesar dari tubuh kita. Namun seringkali kita mengabaikan kesehatannya sehingga timbul masalah pada kulit kita, seperti kulit menjadi kering, timbul noda hitam, kulit berkerut dan kendur sebelum waktunya atau terkena biang keringat dan penyakit kulit.

Untuk mencegahnya ikuti 10 tips cara perawatan kulit berikut ini :
1. Ambil napas dalam.
Cara ini berguna untuk meningkatkan aliran oksigen ke kulit yang membuat kelenturan kulit lebih terjaga.
Cara terbaik untuk mempelajari cara bernapas seperti ini adalah melalui kelas yoga. Untuk hasil maksimal sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan anti oksidan seperti brokoli, bayam, plum dan beri.

2. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan
Hal ini penting karena sayur dan buah banyak mengandung vitamin A, C dan E yang merupakan antioksidan.

Dengan minum air dalam jumlah yang cukup akan membantu melembabkan kulit dari dalam, sehingga kulit akan kelihatan lebih kenyal, rambut lebih bercahaya dan dapat membuang racun lebih cepat dari dalam tubuh.

4. Berolahraga.
Penelitian menunjukan, orang-orang paruh baya yang rajin berolahraga cenderung memiliki kulit yang lebih cepat pulih bila mendapat masalah. Karena itu, usahakan untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu selama 30 menit.

5. Pilih produk yang tepat.
Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia dan kebutuhan kulit anda.

 photo model3-468x60.gif

6. Gunakan pelembab setelah mandi.
Penggunaan pelembab/body lotion pada kulit setelah mandi akan membentuk suatu lapisan yang dapat melindungi kulit terhadap lingkungan yang kering, seperti ruangan ber AC dan udara panas.

7. Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
Apabila kita akan beraktifitas di bawah panas matahari gunakan pelembab/body lotion yang mengandung sunblock minimal 20 SPF. Gunakan payung atau topi apabila keluar rumah diatas jam 10 pagi sampai jam 4 sore terutama apabila matahari bersinar terik dan jangan lupa gunakan sunblock pada saat berenang.

8. Berhenti merokok.
Merokok adalah cara kedua yang paling efektif untuk merusak kulit setelah paparan sinar matahari.
Penelitian menunjukan bahwa kulit orang yang merokok akan menua lebih cepat dibandingkan kulit dari orang yang tidak merokok. Hal ini disebabkan karena rokok menghambat pembuluh darah, mengurangi oksigen dan aliran nutrisi ke kulit dan memproduksi enzym perusak kolagen yang pada akhirmya menimbulkan lipatan dan keriput.

Meskipun terdengar sederhana, tidur berperan besar untuk regenerasi dan restorasi sel-sel tubuh.
Selama tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang bertanggung jawab untuk memperbaharui kulit, rambut dan tulang. Kurang tidur dapat menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata dan bercak-bercak pada kulit. Karena itu usahakanlah untuk tidur yang cukup dan berkualitas selama 6-8 jam sehari.

10. Menjaga kebersihan kulit
Selalu mandi 2 kali sehari untuk mencegah penumpukan kotoran, debu dan sisa-sisa keringat. Dengan mandi 2 kali sehari kita juga dapat menghindari kulit terkena penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dll.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment