Wednesday, April 25, 2012

Tips Cara Cepat Hamil

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Ingin cepat hamil dan memiliki buah hati? Yuk kita ikuti tips berikut ini :

- Ketahui kapan masa subur
Masa subur adalah rentang waktu +/- 2 hari sebelum, saat dan sesudah ovulasi. Berhubungan pada rentang waktu inilah yang memungkinkan terjadinya kehamilan. Ovulasi sendiri adalah waktu saat diproduksinya sel telur oleh indung telur. Umur sel telur sangat pendek 12-24 jam. Setiap wanita memiliki siklus kesuburan yang berbeda-beda, ada yang masa suburnya 12 hari setelah hari pertama menstruasi namun ada juga yang 16 hari sesudahnya. Sementara sperma dapat hidup selama max 5 hari di dalam rahim.

Untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu :
1. Sistem kalender
Cara ini adalah cara yang paling mudah dan alami yaitu dengan menghitung berdasarkan siklus menstruasi per bulan. Siklus menstruasi perbulan didapat dengan menghitung jarak antara tanggal hari pertama mens bulan berjalan dan tanggal hari pertama mens bulan berikutnya. Di hitung selama setahun penuh ( jd didapat 12 angka ) lalu diambil rata-ratanya. Jika siklus menstruasi tergolong normal (siklus 28 hari), maka ovulasi diperkirakan 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.
Contoh :
Hari ke-1 mens bulan Dec diperkirakan tgl 20.
Dikurangi 14, jadi hari ovulasi diperkirakan adalah tgl 6.
Ditambah 2 hari sebelum dan sesudahnya.
Jadi perkiraan masa subur adalah tanggal 4-8 Dec.
Namun mengingat umur hidup sperma yang mencapai 3-5 hari, kemungkinan kehamilan ini juga masih bisa ditambah 3 hari sebelum dan sesudah masa subur. Jadi berhubungan yang memungkinkan kehamilan adalah tanggal 1-11 Dec.
2. Mengukur suhu tubuh basal /Basal Body Temperatur
3. Memperhatikan elastisitas lendir serviks
4. Strip penguji masa subur (contohnya Fertitest) 

- Minum vitamin
Konsumsi vitamin maupun jenis makanan mengandung zat-zat dibutuhkan untuk kesuburan. Misalnya :
Vitamin C yang dapat meningkatkan kualitas sperma juga kekebalan tubuh, vitamin B6 yang merupakan pendukung dan pengatur hormon reproduksi, asam folat  untuk  mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin, vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita dan zinc yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

- Jalani pola hidup yang sehat
Perbanyak makanan sehat yang mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk kesuburan, hentikan merokok, minum alkohol dan rutin berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat berenergi.

- Selalu kontrol berat badan
Berat badan yang normal atau seimbang memiliki andil besar meningkatkan kesempatan untuk terjadinya kehamilan. Kelebihan berat badan dapat menjadi salah satu penyebab sulitnya kehamilan, karena kelebihan jaringan lemak dapat memicu over produksi hormon estrogen yang berakibat hormon yang terbentuk menjadi kurang atau tidak seimbang dan akan mengganggu siklus ovulasi. Hal ini dapat terlihat dari tidak teraturnya siklus menstruasi yang terjadi. Usahakanlah untuk mencapai berat tubuh yang ideal terlebih dulu.

- Hindari cairan pembersih vagina
Jangan membasuh vagina dengan cairan pembersih organ intim sebelum mulai berhubungan, karena cairan pembersih vagina disinyalir tidak bersahabat dengan sperma (sperm rejecting).

- Periksa lendir mulut rahim atau cervical mucous
Saat masa ovulasi akan datang cervical mucous akan lebih lengket dan basah yang menandakan awal masa subur. Cervical mucous yang terasa seperti putih telur mentah menandakan ovulasi yang sangat dekat bisa terjadi dalam waktu beberapa jam saja, dan ini merupakan waktu yang paling subur, segeralah berhubungan.

- Temukan posisi yang tepat
The missionary position
The missionary position atau posisi pria berada di atas adalah sebuah gaya atau posisi terbaik supaya wanita cepat hamil. Sebab, posisi ini membuat penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) paling dalam agar sperma bisa mudah mendekati leher rahim.
Raise the hips
Menaiki paha dapat anda lakukan dengan cara menempatkan sebuah bantal kecil di belakang pihak wanita. Posisi ini dapat membantu anda karena akan membuka leher rahim dengan maksimal untuk memberi jalan kepada sperma untuk masuk ke dalamnya.
Doggy-style
Rear-entry position di mana seorang pria memasuki vagina wanita melalui belakang. Dalam posisi ini, sperma akan dapat terendap pada daerah leher rahim, karenanya akan sangat membantu meningkatkan kemungkinan kehamilan.
Side-by-side
Posisi gaya ini dapat memberikan peluang dalam penyingkapan maksimal dari leher rahim untuk menerima sperma.

- Ganjal dengan bantal
Segera setelah berhubungan, ganjal panggul dengan bantal kecil sekitar 15-20 menit untuk memberi kesempatan sperma berenang menuju rahim dan saluran telur.

- Tetap rileks dan jangan stress
Tetaplah relaks dan nikmati saat-saat berhubungan, cobalah untuk selalu optimis, berpikiran positif  dan terus memotivasi diri. Pikiran yang terlalu fokus untuk segera hamil dapat menimbulkan stress yang justru dapat menghambat terjadinya kehamilan. 

- Setelah hamil ikuti tips ini agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment