Friday, May 3, 2013

Tips Cara Perawatan Mata

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Mata adalah jendela dunia. Ungkapan tersebut menjelaskan mengenai betapa pentingnya mata dalam kehidupan seseorang. Karenanya, untuk menjaga mata agar tetap sehat, maka kita perlu merawat mata. Ikuti tips cara perawatan mata berikut ini :
  • Makan dengan diet yang seimbang, cukup Vitamin A dan beta karoten ( suatu zat yang oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A ). Makanan yang mengandung vitamin A contohnya : daging sapi, ayam, susu. Yang mengandung beta karoten contohnya : jeruk, wortel, sayur-sayuran berdaun hijau gelap. Atau dari produk supplement, contohnya : Bio Vision, Nutrimax bilberry 1000.
  • Jika ada debu dan kotoran yang masuk ke mata, jangan gosok dengan tangan, karena tindakan ini dapat mengiritasi mata. Sebaiknya tarik kelopak mata atas ke bawah hingga melewati kelopak mata bawah dan biarkan air mata yang akan membersihkan kotoran tersebut. Atau gunakan produk pencuci mata seperti Y-Rins.
  • Hindari menatap terus menerus terutama pada objek dengan jarak yang jauh. Jangan membaca, menulis atau bekerja yang menggunakan mata, dengan sinar yang tidak tepat atau cahaya tidak cukup. Istirahat sejenak dan istirahatkan mata jika rasa berat atau kelelahan terasa pada mata. 
  • Jika mata terasa gatal dan merah atau untuk menghindari mata bengkak, kompres mata dengan produk kompres gel dingin atau handuk kecil yang dibasahi air dingin selama 15 menit.
  • Lindungi mata dari debu, asap, terik cahaya matahari dan angin yang kencang. Hindari berada lama dalam keadaan tersebut. Jika tidak dapat menghindar, kejap-kejapkan mata anda dan pijat dengan lembut mata anda yang terpejam dengan telapak tangan.
  • Lakukan latihan rutin gerakan bola mata setiap hari untuk melatih otot – otot penggerak mata dan daya akomodasi mata. Misalnya dengan memusatkan pandangan mata ke jarak dekat dan jauh secara bergantian beberapa kali, Gerakkan bola mata secara perlahan ke atas, bawah, kiri, kanan beberapa kali berlawanan.
  • Gunakan kacamata dengan lensa yang peka terhadap cahaya selama siang hari, khususnya jika anda berada di pantai atau mengendarai motor/ mobil di jalan raya, dimana cahaya yang menyilaukan akan terpantul ke mata kita. Kaca mata akan membantu mengurangi penyipitan mata dan juga memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit yang sensitif di sekitar mata. 
  • Lakukan pemeriksaan mata secara berkala jika anda mempunyai kesulitan membaca.
  • Untuk penderita diabetes perlu memeriksakan kesehatan matanya ke dokter mata. 
Demikian tips cara perawatan mata yang penting untuk diketahui.
 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

Anonymous said...

OBAT HERBAL GLUKOMA

OBAT HERBAL RABUN JAUH DAN RABUN DEKAT

OBAT HERBAL ABLASIO

SUPLEMEN SERBUK MERAWAT KESEHATAN MATA

Post a Comment