Tuesday, April 30, 2013

Penyebab dan Tips Mengatasi Perut Kembung

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Kembung/ flatulence/ bloating merupakan salah satu gangguan pada saluran pencernaan yang sering terjadi. Kembung ditandai dengan perut yang membesar dan terasa kaku, yang terkadang disertai dengan timbulnya rasa nyeri.

Penyebab dan pemicu terjadinya perut kembung, antara lain :

1. Menelan banyak udara
Hal ini dapat disebabkan karena terlalu banyak merokok, mengunyah permen karet/ permen keras. Permen karet, permen, dan makanan lain yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan aspartam tidak mudah dicerna oleh lambung dan memicu perut kembung. Penyebab lainnya karena makan dengan terburu-buru, sehingga menelan banyak udara yang dapat menyebabkan gas di dalam lambung, juga karena gigi palsu yang tidak terpasang dengan baik.

2. Menderita penyakit IBS
Kembung merupakan gejala Irritable Bowel Syndrome atau sindrom usus yang teriritasi, suatu kondisi yang diderita sekitar 1 dari 5 orang. Gejala lain sindrom ini adalah sembelit, diare dan mual. Pada banyak penderita dengan menjaga pola makan yang teratur akan sangat membantu.

3. Mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menimbulkan gas
- Sayuran tertentu yang dapat menghasilkan gas.
- Makanan produk susu atau minum susu.
- Makanan berlemak dan kacang-kacangan.
- Buah-buahan yang mengandung fruktosa, sukrosa atau sorbitol.
- Minuman bersoda.

4. Stres
Hormon stres akan mempercepat semua sistem di dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Hal ini juga akan membuat lambung memproduksi banyak gas yang menyebabkan kembung. Stres karena PMS juga dapat menyebabkan kembung.

5. Intoleransi laktosa
Intolerenasi laktosa (sensitivitas terhadap gula yang terkandung dalam susu) serta malabsorbsi fruktosa (sensitivitas terhadap fruktosa, sejenis gula yang terkandung dalam jus buah, gula putih dan sirup jagung tinggi fruktosa) dapat menyebabkan kembung. Oleh karena itu, konsultasikan kondisi ini dengan dokter untuk mendapatkan saran dan diagnosa yang tepat.

Pencegahan dan mengobati perut kembung :
  • Untuk menghindari menelan banyak udara maka kunyahlah makanan secara perlahan dengan mulut tertutup. Serta minumlah langsung dari gelas, bukan dari sedotan. Juga hindari aktivitas fisik yang terlalu berat ketika baru saja menyelesaikan makan.
  • Kurangi/ hentikan merokok, makan permen karet.
  • Hindari sayuran yang dapat menimbulkan gas, seperti : buncis, kol, mentimun, broccoli.
  • Kurangi konsumsi makanan yang kaya lemak dan susu atau produk susu.
  • Kurangi konsumsi buah apel, anggur atau pisang.
  • Kurangi atau hindari minuman bersoda.
  • Ketika mulai merasa cemas, cobalah untuk memikirkan hal-hal yang dapat membuat pikiran tenang kembali. Dan jika mengalami kembung karena PMS, cobalah untuk tetap diet seimbang dan banyak minum air.
  • Hindari sayuran yang dapat menimbulkan gas, seperti : buncis, kol, mentimun, brokoli.
  • Obat yang dapat diminum untuk kembung adalah yang mengandung simetichone atau dimetilpolisiloksan. ( DMPS). Contoh Polisylane, Disflatyl, Mylanta dll.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment