Monday, October 10, 2011

Tips Untuk Mengatasi Nyeri Haid

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Biasanya kaum wanita mulai merasa pusing, lemas, cepat lelah, malas beraktifitas, emosi tidak stabil, berat badan bertambah, berjerawat, nyeri di perut bagian bawah, pinggang terasa pegal pada saat menjelang atau hari-hari awal masa menstruasi/ haid.. Sebenarnya inilah yang disebut dengan premenstrual syndrome atau PMS.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan PMS, antara lain :

- Mengurangi makanan gurih atau asin
Contohnya kentang goreng, popcorn, keripik dll. Karena kandungan garam yang tinggi dalam tubuh akan mempercepat proses pelepasan air berlebih di dalam tubuh, sehingga tubuh cepat lemas.

- Meningkatkan konsumsi serat.
Serat dari sayuran dan buah-buahan bisa membantu mengurangi keluhan PMS. Pisang, misalnya, mengandung vitamin B6 yang mampu mengurangi gejala PMS seperti  payudara yang menegang, retensi air, dan mood yang berubah-ubah. Sedangkan nenas, kaya akan vitamin A, B, C serta mangan. Mangan berguna untuk meningkatkan mood dan mengurangi retensi air sehingga terbebas dari problem perut kembung.

- Mengkonsumsi karbohidrat kompleks
Biasanya sebelum dan selama menstruasi keinginan untuk mengkonsumsi gula dan karbohidrat sederhana akan meningkat. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks  seperti oatmeal, kentang manis atau whole wheat pasta dan beras merah. Makanan tersebut tak hanya mengandung serat, namun juga menjadi sumber magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh saat menstruasi dan dapat menjaga energi agar tubuh tetap stabil.

- Mengkonsumsi kacang atau biji-bijian
Kacang atau biji-bijian mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS. Makanan ini dapat membantu menstabilkan kondisi emosi karena kaya akan karbohidrat kompleks yang mampu meningkatkan serotin, zat kimia yang menimbulkan rasa senang dan relaksasi.

- Mengkonsumsi zat besi.
Pada saat menstruasi sangat dianjurkan untuk minum vitamin penambah darah dan konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging sapi, kambing, ayam, ikan, ikan tuna, telur, oatmeal, serta berbagai sayuran berwarna hijau. Hal ini penting karena pada saat menstruasi tubuh kehilangan 12-15mg zat besi.

- Memperbanyak minum air putih.
Hindari minum terlalu banyak gula, kafein, cokelat, dan es. Kondisi dingin dalam tubuh tidak baik untuk aliran darah. Sebaiknya minum air putih hangat untuk memperlancar aliran darah.

- Minum susu atau yogurt
Berdasarkan penelitian, wanita yang mengkonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari, nyeri haidnya berkurang hingga 30 persen dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 500 miligram kalsium.
 photo belajarinternetdinsan.gif

0 komentar:

Post a Comment