Saturday, March 30, 2013

Tips Menambah Berat Badan

 photo gaptek-shanty-merah-468.gif

Memiliki berat badan dibawah dari berat badan normal/ underweight/ terlalu kurus dapat mengakibatkan timbulnya beberapa masalah kesehatan, seperti :

 1. Osteoporosis
Estrogen merupakan hormon penyimpan lemak. Estrogen juga berpengaruh pada pembentukan tulang. Tanpa estrogen, tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.
Sehingga hanya jatuh atau kecelakaan kecil dapat menyebabkan tulang menjadi patah dan sulit untuk sembuh seperti sediakala lagi. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, maka orang yang memiliki BMI kurang dari 17 sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menambah berat badannya dengan aman.


2. Masalah reproduksi
Keadaan sangat kurus pada wanita, menjadi salah satu penyebab beberapa masalah reproduksi pada wanita, yaitu siklus menstruasi akan berhenti atau menjadi tidak teratur, mengalami kesulitan saat akan konsepsi (terjadinya pembuahan), sulit untuk mempertahankan kehamilannya. Menurut hasil studi, 72 % dari wanita hamil yang underweight, akan mengalami keguguran dalam semester pertama.

Pria yang terlalu kurus memiliki resiko untuk mengalami disfungsi seksual menetap sebanyak 22 kali lebih tinggi daripada orang dengan berat badan normal. Masalah-masalah seperti disfungsi ereksi, sakit saat berhubungan seksual atau ketidakmampuan untuk ejakulasi. Menurut penelitian juga terdapat hubungan antara berat badan pria dan kesehatan spermanya.

3. Anemia
Zat besi, vitamin B12 atau asam folat yang berasal dari makanan berguna untuk membentuk sel darah merah. Pada orang kurus dimana konsumsi makanannya kurang maka asupan ketiga nutrisi ini pun tidak cukup sehingga akhirnya tubuh kekurangan sel darah merah/ anemia. Sel darah merah bertanggung jawab untuk transportasi oksigen menuju organ. Apabila sel darah merah kurang, maka oksigen yang diangkut menuju organ tubuh juga tidak memadai sehingga organ tubuh mengalami kekurangan oksigen dan muncullah gejala anemia seperti pucat, pusing, detak jantung tidak teratur, nafas pendek, kekurangan energi dan fatigue atau kelemahan yang merupakan gejala khas anemia. Inilah penyebabnya mengapa orang yang terlalu kurus mudah merasa lelah.

4. Rendahnya sistem imun
Sistem imun tubuh membutuhkan cukup sumber energi untuk dapat berfungsi dengan baik. Dimana energi tersebut didapatkan dari makanan yang masuk ke tubuh kita. Bagi orang yang terlalu kurus karena energi yang masuk sedikit, maka sel-sel tubuh kurang maksimal dalam menghasilkan sistem imun. Sehingga mereka gampang terserang penyakit flu, bahkan dapat menjadi lebih parah, seperti kanker, yang dimulai dengan aktivitas sel yang abnormal.

5. Penyakit jantung dan diabetes
Penyakit jantung dan diabetes, sering dihubungkan dengan kegemukan. Namun demikian, orang kurus pun tidak lepas dari penyakit ini. Hal ini lebih disebabkan karena mereka menganggap sudah mempunyai tubuh yang kurus sehingga malas berolahraga, jarang memeriksakan kesehatan, asupan makanan yang kurang seimbang, dll. Pada suatu penelitian disebutkan bahwa orang yang memiliki gen kurus, memiliki kecenderungan untuk menyimpan lemak ditempat yang dalam, seperti disekitar jantung dan hati daripada dibawah kulit yang mana hal itu beresiko lebih tinggi untuk terjadinya diabetes dan serangan jantung.

Mereka yang bertubuh kurus biasanya juga akan cepat merasa lelah, sulit berkonsentrasi, dan bermasalah dengan gizi. Oleh karena itu sangat disarankan sekali untuk anda yang terlalu kurus untuk menambah berat badan dengan mengikuti tips menambah berat badan berikut ini :

1. Buat jurnal yang berisi jenis makanan yang akan anda makan dan tentukan waktu anda makan setiap hari selama beberapa minggu kedepan. Makanan yang masuk daftar merupakan daftar makanan yang mengandung banyak kalori yang tentunya menyehatkan. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi asupan kalori yang dibutuhkan tubuh, sehingga tahu saat untuk menambah kalori dan kapan target itu tercapai.

2. Makan lebih sering
Kebanyakan orang dengan badan kurus akan lebih cepat merasa kenyang. Untuk itu makan 5-6 porsi kecil sepanjang hari bisa lebih baik ketimbang 2-3 kali dengan porsi besar. Tambah juga dengan makan camilan yang sehat setiap harinya.

3. Konsumsi makanan berkalori dan berprotein tinggi
Hal yang cukup penting dalam tips menambah berat badan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori dan protein tinggi, seperti seperti telur, ikan, daging, susu, kentang, oats, roti gandum, keju, buah kering dan lainnya. Tambahkan juga lemak tak jenuh yang sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, dan alpukat.

4. Konsumsi minuman smoothies dan shakes
Selain air putih yang cukup, minum juga shake yang dibuat dari susu rendah lemak dan jus buah-buahan segar. Batasi/ kurangi minuman bersoda, kopi, atau teh. Sangat disarankan juga untuk konsumsi minuman cairan pengganti makanan Nutrishake Oriflame. Minum cairan pengganti makan ini diminum diantara waktu makan atau setelah makan. Hal ini bertujuan untuk menghindari perut terasa penuh sebelum makan.

5. Hindari minum sebelum makan
Karena hal ini dapat menyebabkan mudah merasa kenyang, akhirnya nafsu makan dan porsi makan pun menjadi berkurang.

6. Makan atau ngemil sebelum tidur
Makan sebelum tidur akan memberi nutrisi yang diperlukan bagi tubuh, karena makanan juga akan digunakan untuk proses regenerasi dan penyembuhan saat kita tidur, dan tubuh mencerna makanan dengan lebih lambat. Perhatikan jenis makanan yang di konsumsi, pilih yang baik untuk kesehatan seperti sayuran atau roti isi dengan daging tanpa lemak.

7. Olahraga secara teratur
Untuk menambah berat badan, pilihlah jenis olahraga yang dapat meningkatkan masa otot sehingga tubuh menjadi berisi dan padat. Olah raga yang sebaiknya dilakukan seperti latihan angkat beban, push up. Hindari aktivitas kardiovaskular seperti lari, senam aerobik dll, agar tubuh tidak kehilangan terlalu banyak kalori. Olahraga secara teratur juga akan meningkatnya nafsu makan.

8. Tidur cukup dan teratur
Tidur akan membuat tubuh rileks dan dengan demikian dapat membantu meningkatkan berat badan. Jadi jangan biasakan diri begadang karena begadang akan membuat tubuh akan semakin kurus.

9. Berhenti merokok
Nikotin pada rokok akan memperlambat penyimpanan lemak dan meningkatkan pengeluaran energi sampai 200 kalori per hari dibandingkan non-perokok. Dan dengan berhenti merokok semuanya itu dapat dihentikan, sehingga berat badan pun bertambah.

10. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi
Tips menambah berat badan berikutnya adalah apabila badan terlalu kurus dan kekurangan berat badan yang cukup parah, inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar diketahui penyebab kurang berat badan anda itu akibat gizi buruk, kondisi medis atau masalah kesehatan lainnya.

 photo belajarinternetdinsan.gif

1 komentar:

indonesiacader said...

thanks banget nih sob tips tipsnya sangat membantu buat saya juga orang lain

Post a Comment